Tune Up Pentet Jadi Juara, Berani Coba?


SONY DSCMerawat Pentet lomba Ala Duta Ong, Merawat burung pentet memang terlihat seperti mudah, tetapi pada kenyataannya tidak demikian, banyak para pemain yang mentake over dari mania lain tidak bisa langsung tampil dilapangan, ini membuktikan kalau merawat burung kanibal ini tidaklah gampang.

Tetapi bagi Mr Duta Ong tidak demikian, menurutnya merawat pentet tidak begitu sulit karena burung tersebut burung fighter murni sehingga tingkat streesnya rendah dengan demikian asal tahu karakternya maka bisa langsung moncer dilapangan. Ini bukan hisapan jempol semata, Mr Duta sudah membuktikan kehandalannya dengan membesut puluhan jawara dikelasnya. Sampai saat ini puluhan burung berkelas telah dibesutnya. Hampir beberapa tahun ia mendominasi dikelas pentet, setiap lomba yang ada diJabodetabek tak lepas dari aksi-aksi menarik burung jagoannya (Buser, Algojo, Rahwana, MHR, Keraton, Mahameru, Indigo dan Adi luhung ).Tak heran ia mendapat julukan raja pentet blok barat.

Ketika Ronggolawe bertandang kekediamannnya di BSD City, terlihat puluhan burung pentet jawara berjejer diruang khusus untuk burung berkicau, bukan itu saja puluhan burung masteran termasuk balang kerek memadati ruang rumah yang cukup luas. Ia mengatakan kalau inti dari perawatan pentet yang baik adalah Kontinyuitas, artinya ketelatenan dan rutinitas perawatan, dimana membiasakan perawatan dengan jam yang tepat serta pakan yang teratur akan membuat burung merasa nyaman dan bermental kuat.


Selain itu melatih seminggu sekali dilomba-lomba kecil merupakan bagian dari kesuksesan merawat burung pentet, dengan melatih, para perawat dapat catatan penting, misal terlalu banyak extra fooding, atau kurang , mau didahulukan digantang atau belakangan, ini semua akan didapat dengan perawatan yang teratur dan kontinyu.

Pemberian extra fooding yang biasa dilakukan Mr Duta tak lain, pagi jangkrik 5 plus kroto 2 sendok, sorenya jangkrik 3 ekor tanpa kroto. Mandi rutin setiap hari 1kali cukup pagi saja.Memandikan harus benar, burung harus basah dan merasa terpuaskan. Selanjutnya penjemuran. Biasanya lama penjemuran antara 2-3 jam perharinya, jelang sore hanya diangin-anginkan saja sambil membersihkan kandang dari sisa makanan, setelah itu dikerodongkan dan istirahat sambil didengarkan sonic master. Vitamin diberikan dua minggu sekali, terkadang ia juga memakai obat herbal untuk supaya burungnya selalu sehat. Menghadapi musim hujan pemberian vitamin ditingkatkan menjadi seminggu 2 kali untuk menjaga stamina an terhindar dari serangan penyakit yang mendadak. Yanyan – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!