Tips Merawat Bulu Burung Pleci Agar Sehat dan Indah


Burung pleci sekarang ini sudah termasuk dalam golongan burung kicau yang jumlah penggemarnya sangat banyak di seluruh Indonesia. Paling tidak, hampir semua kicau mania mengetahui bentuk burung pleci itu bagaimana, pasti semua sudah mengetahuinya. Dan yang menjadi seru dan menarik adalah terdapat komunitas burung pleci di Indonesia yang kian meningkat. Jadi, biasanya selalu mengikut sertakan burung pleci ke dalam daftar burung kicau lomba dalam acara-acara perlombaan.

Kita semua tahu bahwa postur tubuh burung pleci cukup kecil dan mungil, meskipun begitu burung ini memiliki banyak keunggulan yang dapat menarik dan membujuk hati para penggemarnya. Keindahan pleci menampilkan pesona yang menawan, ditambah lagi dengan kicauannya yang merdu. Hal inilah yang membuat daya tarik terhadap burung pleci semakin meningkat.

Burung pleci juga terkenal memiliki suaranya yang lantang saat berkicau, jadi sangat cocok bila suaranya digunakan sebagai bahan untuk memaster burung kicau yang lain. Banyak yang berpendapat bahwa pleci merupakan burung kicau yang cerdas, karena termasuk mudah menirukan suara burung kicau lainnya bila dimaster. Selain itu juga pleci memiliki tembakan2 yang khas dan tajam, sangat bagus bila hal ini ditampilkan saat lomba.


Burung Pleci Yang Memiliki Bulu Indah

Burung Pleci Yang Memiliki Bulu Indah

Di bagian tubuhnya terdapat bulu­2 yang bagus bila terus terawat dengan baik, Jika justru sebaliknya bila bulu nya acak­-acakan bahkan terlihat kusam, maka akan menimbulkan kesan yang kurang menawan pada burung ini. Maka dari itu, perlu perawatan khusus bila anda menemui pleci kesayangan anda mengalami hal yang demikian.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab bulu­2 pleci Nampak kusam, rusak, dan acak­acakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan menjemur pleci terlalu lama
  • Karena pleci jarang sekali dimandikan
  • Keseringan mengganti pakan, khususnya voer
  • Kurangnya pemberian pakan berupa buah­-buahan
  • Bisa jadi karena faktor genetik atau faktor keturunan

Lalu bagaimana cara merawat bulu burung pleci agar tetap indah dan istimewa?
Berdasarkan tips dari penangkar pleci yang sudah berpengalaman, berikut adalah hal­-hal yang bisa dilakukan kepada pleci yang bulu­-bulunya kurang bagus.

  1. Sebaiknya menjemur pleci diwaktu pagi hari paling lama sekitar 1 sampai 2 jam, dan waktu paling lama sampai jam 9. Karena lebih dari itu, terik matahari sudah terlalu panas, sehingga kurang bagus efeknya untuk kesehatan pleci.
  2. Lebih bagus bila memandikan pleci secara teratur, bila perlu sediakan keramba berisi air agar pleci bisa leluasa mandi sendiri. Karena dengan mandi akan menghilangkan kutu­2, tungau, maupun bakteri yang berada di tubuh maupun sekitar bulu pleci.
  3. Berikan buah-­buahan segar yang lebih bervariasi, sehingga kebutuhan vitamin dapat tercukupi.
  4. Berikan voer yang paling disukai pleci, tentunya harus yang berkualitas, yakni dengan merk yang bagus (tidak murahan).
  5. Berikan obat luar khusus bulu, bisa dengan cara disemprot ataupun dioleskan pada bulunya, dengan demikian diharapkan bulu pleci bisa kembali seperti aslinya.

Mungkin cukup sekian beberapa tips tentang hal perawatan bulu pleci agar tetap sehat dan indah menawan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!