Tips Membawa Burung Menuju Tempat Lomba


YANTO-SILVER-MILLENIUM-BCSeiring dengan semakin berkembang pesatnya dunia hobby burung berkicau di tanah air, Jadwal lomba maupun latberan semakin padat saja, dalam satu hari yang sama kadang ada 2 latberan di satu kota yang sama digelar, pesertapun bisa memilih kemana akan ikut lomba, yang menurut mereka bisa memberikan kenyamanan ketika mengikutinya . hal ini bisa dijadikan juga sebagai indikator, semakin dewasa dan bijaksananya para EO dan kicaumania dalam menggelar dan mengikuti sebuah event lomba burung berkicau .

Kini dunia hobby burung berkicau semakin digandrungi oleh para kicaumania dihampir seluruh pelosok tanah air tercinta ini. Event besar maupun kecil,dari setingkat latber mingguan maupun lomba besar,silih berganti digelar oleh para penyelenggaranya,berbagai macam inovasi dilakukan oleh para EO untuk memikat hati kicaumania agar datang ke lomba yang jadi gelaranya,dari bonus hingga door prize menjadi daya tariknya, agar peserta merasa puas dalam mengikuti gelaranya itu.

Berbagai cara dilakukan oleh kicaumania dalam membawa burung jagoanya agar bisa sampai ke tempat lomba yang akan di ikutinya, dari cara dijnjing, digendong dan cara lainya,tergantung dari jarak tempuh lomba yang akan di ikutinya. Dalam membawa burungpun ada cara – cara tertentu yang harus diterapkan, agar burung tetap nyaman selama dalam perjalanan, dan tetap bisa tampil prima ketika dilombakan. Jarak tempuh sangat mempengaruhi terhadap kondisi burung, jarak tempuh yang dekat ( kurang dari 50 km ) tidak terlalu berpengaruh kepada kondisi burung, asal cara dalam membawanya ke tempat tujuan tetap baik dan benar.


Untuk lomba yang berjarak tempuh jauh ( lebih dari 50 km ) sebaiknya burung datang lebih awal, dan sebaiknya menginap dikota tempat dimana lomba dilaksanakan,tujuanya agar burung mempunyai waktu untukn istirahat setelah melakukan perjalanan jauh, sekaligus untuk menyesuaikan dengan cuaca di kota tersebut.

Setelah tiba dikota tujuan, keluarkan burung dari kendara’an agar burung bisa menghirup udara segar secepatnya, buka kerodong dengan segera, periksa pakan dan air minum burung untuk memastikan wadah pakan maupun air minum tetap ada isinya, karena selama dalam perjalanan kadang mengalami guncangan yang mengakibatkan pakan dan air minum burung tumpah, dan segera di isis kembali jika keduanya kosong, kemudian burung di angin –anginkan kurang lebih 30 menit, mandikan burung jika memang dianggap perlu setelah melihat kondisi tentunya, dalam hal ini perawat / pemilik burung lebih hapal dalam memperlakukan burung rawatanya.

PERALATAN-YANG-DIPERLUKAN-UNTUK-MENYIMPAN-BURUNG-DI-HOTELSetelah selesai , simpan burung ditempat yang tenang dan aman dari serangan binatang predator, jika kicaumania menginap di Hotel atau di Penginapan, usahakan membawa gantungan untuk menggantung burung dilangit-langit kamar Hotel, agar burung betul – betul aman dari gangguan hewan predator, pasang gantungan selama masih diperlukan, dan lepas kembali setelah dpergunakan, sebelum ada check out dari Hotel dimana anda menginap , agar pihak Hotel tidak merasa keberatan dan dikemudian hari anda bisa datang lagi untuk menginap ditempat tersebut.

Cara – cara membawa burung ketempat lomba yang baik dan benar,agar burung tidak mengalami mabuk perjalanan, kondisi burung tetap prima dan tampil maksimal ketika dilombakan.

DHIKA-&-MOEL-LODAYA-BC1. Simpan burung didalam kendara’an ( jika memakai mobil ) dengan posisi tangkringan seperti kursi sopir,agar burung menghadap kedepan layaknya sopir,untuk menghindari mabuk selama perjalanan.

2. Pastikan wadah pakan dan minum terisi dan cukup selama dalam perjalanan, simpan tisue yang tidak beraroma kedalam wadah air minum agar air tidak tumpah ketika kendara’an mengalami guncangan.

3. Ikat sangkar memakai tali agar sangkar tidak bergeser dari tempatnya ketika dalam perjalanan.

4. Bagasi / dek kendara’an diberi alas yang empuk dan tebal, misalnya mempergunakan karet bahan untuk sandal atau yang dirasa tepat untuk dipergunakan sebagai alas, agar kaki sangkar tidak rusak/ patah.

5. Hidupkan AC kendara’an jika memilikinya, selama dalam perjalanan agar udara tetap stabil, dan bunyikan musik jika itu dirasa perlu, agar burung tetap merasa nyaman selama dalam perjalanan.

6. Kemudikan kendara’an senyaman mungkin, hindari cara mengemudikan yang mengakibatkan guncangan, terutama ketika akan menuju ketempat tujuan dimana lomba akan diselenggarakan, beristirahatlah ketika sudah menempuh setengah dari jarak tempuh ke tempat tujuan.

7. Periksa wadah pakan dan minum burung, dan di isi kembali jika diperlukan.

8. Bawa air dari rumah untuk mandi burung dan tempatkan dalam jerigen, agar burung tidak merasa asing ketika melakukan ritual mandi, jika dia mandi dengan air yang biasa dipergunakanya mandi sehari – hari, karena air mempunyai kadar PH / kebasaan yang berbeda beda antara satu tempat dengan tempat yang lainya,hal ini kadang tidak disadari oleh para kicaumania.

SAEFUL-KICAUMANIA-KUNINGAN9. Pergunakan tas gendong, jika anda akan pergi ke tempat lomba mempergunakan kendara’an roda 2, pergunakan tas gendong yang mempunyai kualitas yang baik,memiliki tali temali dan jahitan yang kuat, agar sangkar tetap aman ketika digendong, tas gendong produk Ebod Jaya memliki kualitas seperti diatas, disamping harganya yang pas, terjangkau oleh kicaumania Grass Root.

10. Pastikan semua perlengkapan untuk burung sudah lengkap semua dan siap untuk dibawa semua, dan jangan lupa ketika akan meninggalkan tempat lomba, maupun Hotel semua perlengkapn untuk burung dibawa pulang kembali.

Itulah beberapa tips untuk membawa burung ke tempat lomba, agar burung jagoan anda bisa tetap tampil maksimal ketika dilombakan, lakukanlah perjalanan senyaman mungkin dan patuhi tatatertib lomba, agar lomba berjalan dengan nyaman . Semoga bermanfa’at. Selamat Berlomba…GOOD LUCK .Andre Mc Seagal – Kontributor Tabloid Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!