Taurus Bird Farm Gudangnya Lovebird Dan Kenari Holland Di Tangerang


Burung cantik yang memiliki postur besar dan suara merdu ini, memang lagi banyak diminati oleh kicaumania. Selain tidak pernah absen di arena lomba, burung ini juga merupakan burung yang harganya stabil dan banyak diternak oleh para breeder. Burung ini adalah kenari.
Tidak terkecuali Yudhie Yanuarso, pemilik Taurus Bird Farm ini merupakan salah satu Breeder yang lebih mengembangkan ternak kenari. Meski begitu beliau juga memiliki ternak lovebird, hanya saja untuk sekedar backup dari ternak kenarinya.

Taurus-Bird-Farm“Ternak kenari menurut saya lebih mudah dan lebih menguntungkan, karena kenari banyak jenisnya dari yang lokal dengan harga murah, hingga import dengan harga yang cukup menggiurkan. Kebetulan saya memilih fokus ternak kenari postur besar seperti F1, F2, F3 dan Yorkshire. Burung jenis ini lebih menguntungkan dan cara ternaknya sudah saya kuasai,” jelas Yudhie,

Taurus-Bird-Farm-02Kali ini Tabloid Ronggolawe akan mengintip cara breeding dari Taurus BF, sebagai berikut:
1. Yang paling pertama itu tentu saja cara membedakan jenis kelamin burung, bisa di lihat pantat burungnya atau bisa juga dilihat dari bentuk postur burung. Biasanya jantan lebih ramping dari betina.
2. Usia burung juga meski dipertimbangkan, biasanya untuk jantan di usia 9 bulan sudah birahi, jadi bisa dikawinkan dan untuk betina usia 5 bulan juga sudah bisa dipasangkan.
3. Kandang kenari bisa di bikin koloni atau ga dipisahkan, tapi sebaiknya dipisahkan biar lebih cepat kawin. Kandang juga harus kokoh dan bersih agar tidak mudah jatuh.
4. Proses penjodohkan yang sedikit rumit, tapi sifat burung kenari Holland jika sudah kenal dan saling cocok bisa langsung kawin dan prosesnya cepat
5. Yang paling sulit untuk beternak kenari Holland adalah saat proses pengeraman, sudah sifat kenari import tidak bisa dengan cepat menyesuaikan suhu apalagi di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim. Proses pengeraman kenari Holland harus suhu yang pas, jika kepanasan tidak akan menetas jika kedinginan juga tidak akan menetas.
6. Pelolohan dilakukan oleh induknya selama satu bulan, selanjutnya sudah bisa makan sendiri.


Kesuksesannya tentu saja tidak terlepas dari perawatan yang baik. Diantaranya, pemberian pakan, sayuran, telor dan multivitamin yang tepat. Saat ini Taurus BF juga sudah mulai mencoba Ebod Breeding dan Ebod Canary khusus ternak. Wulan – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Taurus Bird Farm
Rawa Buntu Utara 1 Blok UH No. 7 BSD. Tangerang
Telp. 08161953003

Video Kupas Tuntas Perawatan Kenari Blackthroat di Bogor :

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!