Secepuk kecil madu bisa membuat burung makin joss


Madu umum dikonsumsi manusia sebagai penambah energi, menjaga kondisi tubuh, dan untuk mencegah berbagai serangan penyakit. Manfaat madu ternyata juga bisa dirasakan oleh burung kicauan. Selain mendongkrak stamina, secepuk madu bisa membuat penampilan burung makin joss.

 


Madu memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan.

Madu adalah cairan kental dan berasa manis yang dihasilkan lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis pada madu disebabkan oleh monosakarida (fruktosa dan glukosa) yang terkandung di dalamnya. Berikut ini tabel kandungan nutrisi madu:

Nilai nutrisi madu per 100 g
Energi1.272 kl (304 kcal)Riboflavin (Vit B2)0.038 mg
Karbohidrat82.4 gNiasin (Vit B3)0.121 mg
Gula82.12 gAsam Pantotenat (B5)0.068 mg
Serat pangan0.2 gVitamin B60.024 mg
Lemak0 gFolat (Vit B9)2 μg
Protein0.3 gKalsium6 mg
Air17.10 gBesi0.42 mg
Magnesium2 mgFosfor4 mg
Kalium52 mgNatrium4 mg

Sumber: USDA

Berdasarkan tabel di atas, terlihat bahwa madu mengandung banyak karbohidrat dan energi yang bisa membantu mendongkrak stamina burung peliharaan. Manfaat lainnya adalah membantu mengatasi gangguan tenggorokan, suara serak, dan sebagai antibiotik terutama pada perubahan cuaca.

Tips memberikan madu pada burung peliharaan

Secara umum, madu bisa dikonsumsi oleh hampir semua jenis burung peliharaan, terutama jenis burung pemakan nektar seperti burung-madu, pleci, bahkan cucak hijau. Namun bagi burung pemakan serangga seperti kacer dan murai batu, pemberiannya tentu harus dibatasi.

Berikut ini beberapa tips memberikan madu pada burung peliharaan yang bisa mendongkrak staminanya.

  • Untuk menjaga kondisi dan mendongkrak stamina burung pleci ketika dilombakan, Anda bisa menambahkan secepuk kecil madu dalam sangkarnya setiap hari, atau beberapa hari sekali. Namun perlu diperhatikan untuk mencabut cepuk madunya ketika burung akan digantang dalam lomba. Hal tersebut agar pleci makin fokus pada lombanya, sehingga membuat penampilannya lebih maksimal.
  • Secepuk kecil berisi madu pun kerap diberikan untuk menjaga kondisi dan stamina burung-madu atau popular dengan sebutan “kolibri”. Spesies burung ini dikenal sebagai pemakan nektar, sehingga untuk alternatif pakan tersebut bisa digunakan madu atau nektar buatan.
  • Beberapa pemain murai batu juga sering menggunakan madu untuk mendongkrak stamina jagoannya. Mereka biasanya memberikan secepuk kecil madu pada pagi hari sebelum burung berangkat lomba, atau dengan cara menyuntikkan madu ke tubuh jangkrik yang akan diberikan sebagai pakan tambahannya.
  • Untuk burung yang masih liar/giras, pemberian madu umumnya dilakukan dengan mencelupkan jangkrik dan ulat hongkong ke dalam cepuk kecil berisi madu. Serangga tersebut kemudian diberikan kepada burung yang giras tersebut dengan menggunakan sebatang lidi. Cara ini juga bisa dilakukan pada burung yang sudah jinak.
  • Madu juga bisa diberikan sebagai bahan dalam pembuatan pakan racikan. Beberapa pakan racikan yang pernah diulas Om Kicau pun sering menyertakan madu sebagai bahannya.

Demikian artikel singkat mengenai manfaat madu bagi burung peliharaan. Secepuk kecil madu yang diberikan bisa membuat penampilan burung makin joss.

Semoga bermanfaat.

Sumber: omkicau.com

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!