Sayuran Dan Buah Atasi Kenari Kegemukan


Ali-Kenari---Ronggolawe

Banyak kasus terjadi pada burung Kenari Jantan yang Tadinya Gacor tetapi kemudian malah jadi kurang gacor dan kelihatan kurang lincah dalam beraktifitas, begitupun dengan kenari betina banyak yang susah birahi / tidak mau bertelor. Salah satu penyebabnya adalah karena burung mengalami kegemukan / ngelemak.

Ciri – ciri Kenari yang berlemak bisa di lihat pada dagingnya terutama di bagian perut yang berwarna kekuning – kuningan. Cara menghilangkan lemak tersebut bisa dengan cara sebagai berikut :

  1. Burung ditempatkan di sangkar yang berukuran besar dengan bentuk memanjang, maksudnya Supaya dia bisa bergerak bebas dan secara tidak langsung akan membakar lemaknya.
  2. Pakan bijian, Cd Egg food / telor di stop total.
  3. Berikan sayuran dan buah tanpa batas ( Untuk apel kulit dan bijinya harus di buang karena ada Suatu kandungan zat yang terkandung di dalamnya yang kalau termakan sama burung dalam jangka Waktu tertentu akan menyebabkan penyakit jantung ).
  4. Supaya burung kondisinya tetap fit dan untuk menjaga kondisi badan burung tidak ngdrop, air minumnya harus di kasih EbodVit.
  5. Grit harus selalu tersedia , yang gunanya untuk memperlancar proses pencernaan dan beraknya Menjadi lancar juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan yodium.
  6. Pasang tangkringan pada sangkar minimal 2 buah.
  7. Taruh sayuran pada sisi kiri tangkringan ke 1 dan buah – buahan pada sisi kanan tangkringan ke 2.
  8. Tempatkan Grit pada sisi kanan tangkringan ke 1 dan minumannya di sisi kiri tangkringan ke 2. Maksudnya supaya burung banyak bergerak ketika akan makan sayuran / buah / Grit dan juga minum, sehingga secara tidak langsung akan banyak bergerak dan akan membantu dalam proses pembakaran lemak.

Menurut pengalaman dalam kurun waktu 5 – 8 hari biasanya lemaknya akan hilang / berkurang . Barulah setelah itu bisa di berikan pakan bijian tapi di batasi cukup 1 sendok teh / hari untuk jenis – jenis kenari berbadan kecil ( Lokalan, Spanish Timbrado, Raza Espanol, Lizard,Rhinelander dll) sedangkan untuk kenari berbadan besar ( Serie F dari YS, Norwich, Border Fancy, Yorkshire, Crest, Lancashire dll )di batasi cukup 1 sendok makan / hari. Telur / Cd Egg Food jangan dulu di berikan sampai lemaknya betul – betul hilang. Penjemuran cukup dilakukan 1 – 2 jam saja di bawah jam 10 : 00 pagi. Ali Garut – Jurnalis Tabloid Ronggolawe