Sakit Mata, Pakai BIO SNOT Dijamin Jebret


bio-snot

Kicaumania Bertanya, Kang Ali Menjawab.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak, berkat saran dari akang untuk menggunakan Ebod Breeding untuk ternak kenari saya, Allhamdulillah sekarang sudah menghasilkan 12 anakan dari 3 indukan dan sebagian sudah ada yang mulai ngeriwik walaupun semua anakan saya pelihara volier.

Tetapi ada sebagian burung yang matanya berair dan mulai membengkak juga kelihatan gelisah dan ada yang bulunya mengembang, saya sudah coba mengobati burung-burung tersebut dengan cara matanya saya tetesi memakai obat tetes mata untuk manusia akan tetapi kondisinya tidak ada perubahan. Mohon solusinya kang??..

Jawab :

Kenari-Kena-Sakit-MataKenari anda terkena penyakit snot atau coryza yang disebabkan oleh virus Hemophillus Gallinarum yang menyerang saluran pencernaan bagian atas sehingga terjadi infeksi. Akibat infeksi tersebut menyebabkan iritasi dibagian mata sehingga produksi air mata burung meningkat dan mata burung terlihat berair. Selain meningkatnya produksi air mata, mata burung terasa gatal sehingga burung tersebut menggesek-gesekan matanya pada tangkringan atau jeruji, maka terjadilah pembengkakan (iritasi) dimata, penyakit tersebut dapat diobati dengan E-Bodre yang diteteskan langsung ke mulut 1-2 tetes 2x sehari (siang dan sore) dan untuk mengobati matanya yang sudah terkena iritasi, bisa diteteskan obat tetes mata khusus hewan merk Bio-Snot sebanyak 1-2 tetes sehari 1-2 x dan sebaiknya diteteskan pada 2 matanya untuk pencegahan penularan, walaupun yang terkena cuman 1 mata.

Air minumnya dikasih Ebod vit, burung harus diisolasi dari burung yang sehat guna pencegahan penularan pada burung yang sehat. Selama sakit burung harus selalu di kerodong dan dikasih lampu juga jangan dikasih kesempatan untuk mandi, dengan cara memberikan tempat minum kecil atau tempat minum yang didesain khusus.
Ali Garut – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."