Resep Umpan JOSS Untuk Mempercepat Proses Mabung Burung Pentet


Pentet-Ronggolawe

Proses rontok bulu atau mabung merupakan proses alami yang harus di alami oleh semua jenis burung dan unggas. Untuk sebagian kicau mania masa mabung adalah masa yang di anggap membosankan. Betapa tidak, karena kalau burung memasuki masa mabung. Burung akan kurang gacor bahkan bisa berhenti total  tidak mau bunyi,dan hal ini akan berlangsung  berbulan- bulan apalagi kalau dalam perawatannya salah. Berikut sedikit tips yang biasa penulis lakukan untuk penanganan Pentet (Lanius Schach) mabung berdasarkan pengalaman pribadi ditambah dari berbagai sumber :

Mempercepat proses mabung
1. Jika burung Pentet mulai tidak berbunyi  perhatikan bulu- bulunya bila kelihatan kusam dan rusak (kering dan nyerit nyerit) itu adalah pertanda burung mau memasuki  proses mabung


2. Perhatikan juga keadaan di lanta sangkar,bila sudah terdapat bulu – bulu halus yang rontok itu awal  proses dari mabung,untuk mempercepat proses rontoknya agar serempak anda bisa mencampurkan pakan anak Ayam broiler (BR 1) kedalam voer harian burung Pentet anda, dengan perbandingan 50 : 50

vit2. Berikan extra fooding berupa ulat hongkong 5 – 10 ekor setiap pagi dan sore hari atau dengan menambahkan  5 ekor  dari jumlah stelan harian ulat hongkong yang biasa diberikan pada Pentet anda.

3. Berikan Kroto segar sebanyak 1 sendok makan setiap hari

4. Berikan vitamin Ebod Vit untuk memenuhi kebutuhan Vitamin dan menjaga keseimbangan tubuh burung dan juga untuk menjaga stamina

5. Fungsi meningkatkan jumlah EF adalah untuk meningkatkan proses Metabolisme tubuh,sehingga kebutuhan mineral  yang meningkat selama proses mabung,untuk menumbuhkan bulu-  bulu baru bisa terpenuhi.

6. Kembalikan komposisi pemberian voer seperti semula apabila bulu- bulu baru sudah mulai kelihatan tumbuh

6. Selama mabung kalau cuaca bagus,burung cukup di jemur kurang lebih 15 menit dibawah jam 10.00 pagi dan tempat penjemurannya harus di tempat tenang juga harus di usahakan tidak ada burung Pentet lainnya ,ini berguna untuk menjaga ketenangan Pentet yang sedang mabung supaya tidak terpancing emosinya,karena kalau terpancing emosinya bisa mengganggu proses mabungnya.

7. Setelah beres di jemur burung di angin anginkan kurang lebih 10 menit kemudian di kerodong siang maupun malam dan di tempatkan di tempat tenang.

8. Seminggu sekali burung di mandikan dengan menggunakan Shampo Jati Jajar  yang terbukti mampu membunuh kutu dan kuman juga mengandung Aloevera  (lidah buaya) yang bagus  untuk pertumbuhan dan menghaluskan bulu burung. (perbandingannya  2 tutup botol Shampo Jati Jajar : 1 liter air mandi )

9. Kebersihan sangkar juga harus diperhatikan ,dengan cara membersihkan kotorannya tiap hari dan 1 minggu sekali sangkar dan kerodongnya di cuci menggunakan Shampo Jati Jajar dengan perbandingan 3 tutup botol Shampo Jati Jajar untuk 1 liter air.

10. Berikan Suplemen Ebod-Joss untuk burung  yang sudah beres mabung.

Dengan ketelatenan dan juga di siplin dalam merawat burung Pentet kita yang lagi mabung,burung kesayangan kita pun akan  cepat melewati  proses mabungnya dan akan cepat berkicau. Ali Garut – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!