Plamboyan Kenari, Ring Maestro Ternak Murai Dengan Cara Alami


BAGI penghobi atau kicaumania yang getol mengikuti latberan khususnya di wilayah Bandung dan sekitarnya, tentu sayang jika melewatkan setiap gelaran pada akhir pekan di Lotte Mart, Jalan Soekarno Hatta. Latber bertajuk BTC ini, memang menjadi salah satu kawah candradimuka bagi penghobi untuk bisa memunculkan burung potensi atau masa depan juara.

Flamboyan-Kenari-04BTC sendiri tak lepas dari tokoh H.Arief S . Ya, dibalik keberhasilan BTC menggelar latber, kicaumania yang berprofesi sebagai anggota kepolisian di lingkungan Polda Jabar ini, turun andil dalam memajukan ternak burung ocehan dengan membawa bendera atau ring Maestro. Mau buktinya?

Kali ini, Tabloid Ronggolawe mengintip “kekuatan” sekaligus breeding murai batu dan kenari jenis merlok yang dilakukan pendiri BTC tersebut.

Berawal dari kecintaannya kepada burung, H. Arif S cs menggagas jadi koordinator kenari merah Bandung pada tahun 2000. Tetapi karena kenari sempat merosot dipasaran dan susah didapatkan, maka H Arief S sempat berpindah haluan untuk ternak lovebird. Berkat kepeduliannya kepada hobi burung ocehan, kali ini H.Arief ternak tiga jenis murai, kenari merlok dan lovebird. Namun demikian, saat ini tengah difokuskan breeding murai dan kenari merlok.

Flamboyan-Kenari-01-Ebod-JayaLokasi breeding kenari merlok tanpa menggunakan lampu didalam kandang, lampu digunakan di ruangan saja

“Jujur Diatas Segalanya” adalah moto H Arief S dalam kontes. Demikian juga ia menerapkan moto itu kedalam breeding yang dikelolanya. Mencetak kenari lokal dengan warna asli dari indukannya tanpa figmen ataupun pewarna buatan untuk burung adalah salah satu tujuannya. Tujuannya untuk memberikan kepuasan kepada kicaumania.

“Kredibilitas dan kepuasan kontestan sangat diutamakan, selain itu burung yang saya breeding juga indukannya diambil dari kualitas terbaik. Bahkan untuk murai, saya ternak murai Sumatera dan saya juga memilikii tips khusus untuk menghasil anakan trah juara,” jelas H Arief S.

Flamboyan-Kenari-02-Ebod-JayaLokasi breeding muray dengan menggunakan kandang yang modern seperti sangkar burung

Beternak murai biasanya terkesan rewel, bahkan jarang sekali yang bisa menjodoh. Namun untuk menghilangkan kesan rewel, peternak harus bisa mengenali karakter murai yang akan dijodohkan. Yang paling utama adalah jangan terlalu dimanja, misalnya menempatkan lokasi breeding ditempat yang sepi. Contoh diatas dibuktikan H Arief dalam ternak sehari-hari di kandangnya.

Flamboyan-Kenari-06Roni yang biasa mengurus breeding milik H Arief S

Ia menempatkan kandang ternaknya disamping rumahnya yang sering dilalui kebisingan kendaraan. Menempatkan kandang ternak di rumah juga keuntungannya bisa diawasi. Dibiasakan dengan situasi berisik juga tetap saja tidak akan mengurangi aktifitas produksi muray, itu sudah dibuktikan oleh H Arief S. Sebelum di jodohkan turunkan dulu birahi murai, supaya indukan jantan tidak galak kepada indukan betinanya. Setelah itu anakan yang diproduksi tidak pernah diambil untuk diloloh. Anakan dibiarkan diloloh oleh indukannya sendiri agar lebih maksimal karena indukan murai mempunyai “ASI” yang khusus untuk anakannya.

Flamboyan-Kenari-03Disetiap kandang breeding muray disediakan empat jenis makanan yaitu jangkrik, kroto, pur dan cacing

“Biasanya saya menggunakan pakan dari produk Ebod,” tutur H Arief S. Cukup dengan pakan ebod dan sayuran untuk ternak kenarinya sudah bisa menghasilkan kenari dengan kualitas yang baik. Biasanya murai sangat menggemari jangkrik tapi saat dites dengan disediakan 4 pakan yang berbeda yaitu jangkrik, pur, kroto dan cacing ternyata cacing lebih diminati oleh murai. Dengan cacing burung tidak cepat birahi dan anakan juga bisa lebih cepat besar. Di Plamboyan Kenari, Ring Maestro, tersedia burung kenari merlok dan trotol karena indukan setiap bulan berproduksi. Untuk yang minat bisa hubungi H Arief S di lapangan BTC. Wulan – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Video Ucapan Selamat Idul Fiti, Minal Aidin Wal Faizin dari Kicaumania Nusantara :

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."