Perawatan Perkutut Di Musim Hujan Agar Tetap Rajin Manggung


Yth. pengasuh rubrik klinik. Di musim hujan ini, saya memiliki kendala pada burung perkutut dewasa yang sudah siap untuk dijual. Semua tampak sehat dan nafsu makannya juga sangat bagus, akan tetapi burungnya jarang sekali manggung, sehingga calon pembeli yang sudah menuggu tidak mendapat kesempatan untuk mendengarkan suara manggungnya.

Bagaimanakan perawatan perkutut yang baik agar tetap rajin manggung di saat musim penghujan. Matur nuwun. Joko – Sukoharjo

Jawab :
Kemampuan manggung pada perkutut merupakan salah satu ciri bahwa burung tersebut sudah dewasa kelamin dan sedang menunjukkan identitas dirinya bahwa dialah sebagai salah satu penguasa di wilayah tersebut. Burung yang sehat akan senang untuk mengeluarkan suara manggungnya untuk menarik lawan jenisnya.


Jika burung mulai jarang manggung, mungkin disebabkan karena sedang memasuki masa ganti bulu. Coba perhatikan, apakah ada bulu-bulu halus yang bejatuhan di dasar sangkar. Pada masa ganti bulu, burung akan jarang atau tidak manggung. Jika tidak sedang mengalami masa ganti bulu, maka anda harus meningkatkan perawatan harian perkutut tersebut. Pada musim penghujan, kebutuhan energi burung lebih tinggi dibanding pada musim panas, sehingga kebutuhan pakan pada musim penghujan labih banyak dibanding pada musim panas.

Agar perkutut anda lebih rajin manggung dapat diatasi dengan pemberian obat metabolisme yang diberikan langsung ke mulut 5 tetes pada sore hari dan dalam air minumnya diberi 5 tetes suplemen kristal. Pengalaman kami, dengan pembarian Obatmetabolisme dan suplemen kristal dalam waktu 5 hari sampai 7 hari sudah dapat membuat perkutut rajin manggung kembali.

Sumber : Tabloid Burung Agrobis

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!