Perawatan Pentet Selama Mabung


Yth pengasuh rubrik yang terhormat, saya mempunyai pentet yang sering masuk 5 besar dengan variasi isian dan tembakannya yang mantap. Sekarang burung tersebut mulai jarang bunyi dan mulai menjatuhkan bulu alias mabung.
Yang menjadi pertanyaan saya adalah, bagaimanakah perawatan yang benar selama mabung, supaya setelah beres mabung dapat tampil lagi. Dan kira-kira berapa lama proses mabung pada pentet? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. (Anang. S-Tangerang)

Jawab :
Topik ganti bulu sudah beberapa kali saya ulas dalam rubrik ini, akan tetapi masih cukup banyak pembaca yang antusias dengan topik ini. Proses ganti bulu dikenal dengan istilah mabung atau moulting/ganti bulu merupakan fisiologis yang normal pada semua jenis unggas.
Pentet yang sudah dewasa minimal akan mengalami mabung 1x dalam satu tahun. Selama proses mabung reaksi kimia di dalam tubuh pentet meningkat hingga 30%, sehingga kebutuhan nutrisi burung juga mutlak ditingkatkan. Masa mabung pada pentet seperti burung yang lainnya, yaitu berlangsung antara 1 sampai 3 bulan.
Ebod-Jaya---JatijajarPada masa mabung sebaiknya burung dimandikan cukup satu minggu sekali dengan cara di spray lembut dan pada air mandinya di campurkan 2 tutup botol shampoo JATI JAJAR, setiap 3 hari sekali dijemur selama 15-20 menit-an, ini bertujuan untuk mengurangi rasa stress karena metabolisme burung yang meningkat. Pada masa mabung sebaiknya pentet anda ditaruh pada tempat yang tenang(dipisahkan dengan burung yang lain).Berikan EF berupa serangga (jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, ulat bumbung),kroto dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi pembentukan bulu. Untuk mempercepat penumbuhan bulu dan memenuhi kebutuhan vitaminnya, perlu diberikan vitamin merk Ebod Vit setiap hari sebanyak 5-10 tetes pada 50 ml air minumnya.

ebod-joss
Untuk memulihkan volume suara, dapat diberikan suplemen merk EBOD-JOSS sebanyak 5 tetes ke dalam air minumnya 2x seminggu. pentet juga termasuk burung yang cerdas dan mudah dimaster, oleh karena itu jika anda berminat untuk menambah variasi lagunya, maka pentet anda dapat dimaster selama masa mabung, sehingga setelah selesai mabung, pentet anda bisa tampil lebih mantap dan joss dengan variasi lagu tambahan dari burung master selama mabung. Ali Kenari – Tabloid Ronggolawe

Video Suara Pentet ZIMBABWE Gacor Calon Juara Piala Presiden :