Pentet, Sang Predator Yang Brilian


Pentet (Lanius schach ) yang juga di kenal dengan nama cendet, bentet atau toet dan dalam bahasa inggris di sebut long-tailed shrike ini, memiliki banyak keragaman jenis dan menyebar hampir di seluruh bagian dunia. Burung yang mempunyai suara yang nyaring, tajam dengan banyak variasi lagu dan pandai menirukan berbagai suara burung lain bahkan meniru suara kucing, anak ayam, belalang dan lain sebagainya. Juga mempunyai gaya bertarung yang exsotis dengan selalu disertai meliuk-liukan ekornya yang panjang. Membuat burung ini semakin diminati oleh para penggemar burung kicauan di negara kita, meskipun begitu cendet bukanlah burung kicau biasa karena burung ini termasuk burung pemangsa (Predator), disebut demikian dikarenakan pentet ini di habitat aslinya suka memakan berbagai jenis makanan, mulai dari serangga, ikan, kadal , hingga burung-burung kecil. Burung Pentet dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 20 – 25 cm.

Pentet-Zimbabwe-Ronggolawe-03Long-tailed shrike (Lanius Schach)


Burung ini memiliki paruh yang melengkung di ujung menyerupai paruh burung elang. Mereka juga memiliki cakar yang kuat dan tajam. Burung ini juga memiliki bulu kaku di sekitar moncongnya.  Pada dasarnya burung pentet adalah jenis burung yang galak, terlebih lagi jika dalam keadaan sedang lapar, mereka tak segan untuk mematuk atau menggigit. Burung ini mempunyai dasar suara pekikan yang terdengar ribut, akan tetapi saat bernyanyi suaranya terdengar harmonis.

Burung pentet juga memiliki sifat petarung yang cukup agresif. Jika mendengar suara burung lain atau melihat burung pentet yang lain, maka secara sepontan semangat bertarungnya akan naik. Burung ini juga merupakan spesies burung yang teritorial. Meskipun demikian, ternyata burung pentet tergolong mudah untuk beradaptasi, sehingga mudah untuk dijinakkan. Dan jika dipelihara sejak kecil, maka sifat galak cendet akan sangat berkurang. Akan tetapi kita harus hati – hati ketika menggantung cendet ini terlebih berdekatan dengan sangkar burung burung kecil lainnya karena akibatnya bisa fatal.

Pentet-Zimbabwe-Ronggolawe-02Bay-backed shrike (Lanius Vittatus)

Adapun habitat di alam liarnya, pentet banyak ditemukan di daerah semak belukar dan area terbuka. Untuk spesies yang hidup di daerah yang mempunyai 4 musim, mereka akan bermigrasi ke daerah yang hangat ketika musim dingin. Namun untuk yang hidup di daerah tropis mereka cenderung akan menetap di suatu tempat. Penyebaran burung pentet selain di negara kita, juga banyak tersebar mulai dari Kazhakstan hingga Papua Nugini. Burung cendet juga ada yang hidup di wilayah Eropa seperti Belanda, Inggris Raya serta di beberapa negara lain seperti Yordania, Israel, Turki, Hongaria, Jepang, dan Swedia

.
Berdasarkan beberapa literatur, di dunia ini terdapat setidaknya 9 subspesies burung cendet, antara lain :
L. s. schach (Linnaeus, 1758), L. s. nasutus (Scopoli, 1780), L. s. bentet (Horsfield, 1822), L. s. erythronotus (Vigors, 1831), L. s. tricolor (Hodgson, 1837), L. s. caniceps (Blyth, 1846), L. s. longicaudatus (Ogilvie-Grant, 1902), L. s. suluensis (Mearns, 1905,) L. s. stresemanni (Mertens, 1923)

Ciri-ciri burung Cendet jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kelamin burung pentet dapat kita lakukan dengan cara mengamati bagian pipi kiri dan kanan burung. Jika di bagian pipinya ada warna hitam yang mencolok sekali, menunjukkan bahwa pentet tersebut berkelamin jantan. Sedangkan untuk betina, warna hitamnya terlihat semu.

Jika kita perhatikan bentuk kepalanya dengan seksama, pentet betina biasanya mempunyai kepala agak menggelembung. Sementara, pentet jantan memiliki bentuk kepala yang agak ceper dan mendatar. Kita juga bisa meraba supitnya, burung pentet jantan mempunyai supit kecil panjang ditandai dengan motif bulu berupa garis tidak beraturan di bagian supitnya. Sedangkan pada pentet betina, bentuk supitnya besar dengan motif bulu garis teratur seperti kembang.

Tips Perawatan harian burung Cendet:

Cara perawatan harian untuk burung pentet relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci utama keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten. Berikut ini kami berikan tips pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung pentet:
Jam 07.00 WIB burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 WIB burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung) pada air mandinya campurkan shampo merk JATI JAJAR yang berkasiat menghaluskan bulu (karena ada kandungan Aloeveranya) dan juga mampu membunuh kutu dan kuman. Dengan takaran 2 tutup botol dalam 1 liter air mandinya.

Setiap hari kandang harus dibersihkan. Seminggu sekali kandang dan kerodong beserta asesoris lainnya harus di cuci dengan menggunakan shampo JATI JAJAR yang juga mengandung Desinfektan, dengan perbandingan 3 tutup botol dalam 1 liter air. Lalu ganti atau tambahkan Voer dan air minumnya.

Berikan EF berupa Jangkrik 4 ekor pada cepuk kusus EF. Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam per hari dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak boleh melihat burung sejenis.
Setelah selesai dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut di teras selama 15 menit,pada air minumnya berikan vitamin merk EbodVit lalu sangkar dikerodong.
Siang hari sampai sore (jam 10.00 – 15.00 WIB) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master (Love Bird, kenari, Cucak jenggot, burung gereja, cililin dll).
Jam 15.30 WIB burung diangin-anginkan kembali di teras, jika cuaca bagus, burung boleh dimandikan.
Berikan EF Jangkrik 2 ekor pada cepuk kusus.
Jam 18.00 WIB burung kembali dikerodong dan diperdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya, untuk pemasteran pada waktu malam hari kita bisa menggunakan suara masteran dari MP3.
Extra Fooding yang wajib di berikan selain Jangkrik:
Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 2 kali dalam seminggu.
Pemberian cacing diberikan 1 ekor 2 kali dalam seminggu.
Berikan vitamin dan mineral yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
(Dari Berbagai Sumber – Ali Garut – Kurnalis Tabloid Ronggolawe)

Suara Pentet Yang Terdokumentasi oleh  Tim Ronggolawe.info :

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!