Penanganan Yang Pentet Over Birahi dan ‘Ngedrop


Kang-Ali-Kenari-MenjawabSalam Ronggolawe!

Langsung saja kang, saya adalah pemula yang senang memelihara burung pentet.

Saya memelihara beberapa ekor pentet berikut burung masterannya, yang mau ditanyakan adalah “bagai mana penanganan pentet yang over birahi dan pentet yang kondisinya ngdrop?” karena koleksi pentet saya ada yang oper birahi dan juga ada yang kondisinya ngdrop, tolong minta solusinya dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


(Ande, Citereup-Bogor)

Jawab:

Salam Ronggolawe juga!, burung pentet (Lanius schach ) akan menjadi ganas apabila lapar, burung pentet akan berlaku agresif apabila dalam keadaan lapar. Burung ini memiliki sifat Petarung yang memiliki teritorial, apabila mendengar suara burung lain apa lagi kalau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung akan terpancing. Birahinya juga cenderung mudah naik.

Adapun faktor penyebabnya adalah; Stelan EF (Extra Fooding) yang berlebihan, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Cendet lain, bisa dengan cepat menyebabkan naiknya tingkat birahi burung pentet.

Adapun cara Penanganan apabila pentet over birahi, adalah sebagai berikuti: Porsi jangkrik menjadi 2 ekor pada pagi hari dan 2 ekor pada sore hari, berikan cacing 2 ekor 2 kali dalam seminggu, berikan ulat bambu 2 ekor 3 kali dalam seminggu, frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi, siang dan sore dan ke dalam air mandinya harus di campur shampo JATI JAJAR dengan perbandingan 2 tutup botol dalam 1 liter air, lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit setiap hari, mandi malam juga perlu dilakukan.

Pentet-Zimbabwe-Ronggolawe-04Sedangkan untuk menangani burung pentet anda yang ngdrop, bisa dengan pola perawatan sebagai berikut : Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor pada sore hari, tingkatkan porsi pemberian kroto menjadi setiap hari, berikan Kelabang 2 ekor seminggu sekali, mandi cukup 2 hari sekali saja, burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung pentet lainnya terlebih dahulu, durasi penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam setiap harinya, berikan obat merk E-Bodre sesuai dosis di kemasannya dengan cara di campur ke EF (Kroto), air minumnya di campur EbodVit. Demikianlah tips yang bisa kami berikan, semoga burung-burung pentet anda bisa cepat pulih seperti semula

SANGKAR-EBOD-JAYA

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!