Penanganan Kenari Betina Kena Egg Binding


Egg BInding KenariSalam kicau mania, saya seorang pemula. Minta sarannya, kenari betina saya badannya kurus kirakira harus dikasih makanan dan obat apa supaya badannya fit? Pada hal burung tersebut sudah dikawin dan sudah membulati sarang mau nelor. Akan tetapi, sekarang burungnya ga juga mau mengeluarkan telornya, apa dikarenakan badannya kurang sehat? Terima kasih.
(Yoga-Kuningan-Jawa barat)

Banyak faktor yang menyebabkan burung kenari betina anda badannya kurus dan tidak bisa bertelor walaupun sudah di kawin dan membulati sarangnya. Prediksi saya burung anda kena penyakit “Going Lightning Syndrome” dan kondisi badannya menjadi lemah, sehingga terkena egg binding. Obati dengan obat merk E-Bodre di tetes ke mulut 2 tetes 2 x sehari (Siang dan Sore) minumnya dikasih EbodVit, berikan EF berupa Egg food, Sawi Ijo dan juga Grit.

Egg BInding Kenari2Sedangkan untuk menangani Egg bindingnya, anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut : Burung di tempatkan di tempat yang tenang, Kasih lampu 25 watt supaya suhu di dalam sangkar atau Box ternak menjadi hangat. Gunakan cotton bud (korek kuping untuk bayi) yang sudah di olesi minyak sayur hangat di masukan ke duburnya secara pelan – pelan, ulangi tiap hari sampei telurnya keluar. Lakukan pengurutan pada perutnya pelan – pelan jangan sampai telurnya pecah. Campuran biji niger pada pakannya di perbanyak karena mengandung banyak kandungan minyak. Ali Kenari – Jurnalis Tabloid Ronggolawe


Suara kenari Gacor Juara Nasional :

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!