Pemisahan Kelas Kenari Besar dan Kelas Kecil Pilihan Tepat


Cover Edisi 05Burung kenari bagi sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Burung eksotis yang berasal dari kepulauan Canary ini sudah menjadi burung klangenan yang wajib dimiliki oleh para penggemarnya. Disamping sebagai burung yang bisa dinikmati warna bulunya,Kenari pun bisa dinikmati suara kicauanya,burung yang mesih satu kerabat dengan burung emprit dan gereja ini,memiliki corak dan warna yang beragam,begitupun juga dengan jenis-jenisnya.

Pada tahun 80 an karena banyak yang memilikinya, kenari mulai dilombakan. Kenari jenis Holland Waterslager(WS) yang berasal dari negeri kincir angin, menjadi primadona saat itu. Kenari jenis ini memiliki karakter suara yang empuk, mengalun naik turun, tinggi rendah, diselingi suara dentingan khasnya, ibarat dua buah logam yang beradu.

Pada awal tahun 90 an, masuklah jenis Kenari Cungkuo. Burung yang berasal dari Taiwan ini memiliki karakter suara yang treble/tajam, berbeda dengan jenis WS, demikian sebutan dari para penggemar kenari, untuk kenari jenis Waterslager yang berasal dari negeri Belanda ini. Setelah datangnya jenis kenari Cungkuo,maka timbulah kreatifitas dari para kenarimania untuk menyilangkan kedua jenis burung kenari ini. Dari hasil kawin silang inilah, kemudian dikenal dengan istilah kenari lokal dan kenari jenis inilah (lokal) yang kemudian menjadi pilihan para kicaumania untuk di lombakan.


Ebod-CanarySetelah hampir kurang lebih 20 tahunan menjadi primadona disetiap gelaran lomba, kini kenari lokal, mulai tersisih setelah munculnya jenis kenari F1,F2,F3,F1/4 dan seterusnya. Hasil dari cross breeding antara kenari lokal dengan jenis kenari Yorkshire,yang mempunyai postur tubuh yang lebih besar. Hasil dari kreatifitas para breeder kenari tanah air, dan kenari jenis seri F inilah yang sekarang menjadi trend di jagat kenari mania negeri ini, begitupun juga di setiap lomba, kenari seri F inilah yang menguasai.

Untuk memiliki kenari jenis seri F ini, sangatlah tidak mudah dan murah, hanya kenari mania yang berkocek tebal saja lah yang bisa memilikinya. Itu dikarenakan harga dari jenis kenari Yorkshire yang dijadikan indukanya, berharga cukup mahal, karena harus di import dari luar negeri, disamping faktor kesulitan lainya. Salah satunya adalah cara perawatanya yang berbeda dengan jenis kenari lokal. Walaupun kenari besar sekarang sedang digandrungi, kenari kecil pun tetap mempunyai penggemar tersendiri. Disamping harganya yang relatif terjangkau oleh kenari mania akar rumput, segi perawatanyapun lebih mudah dibanding perawatan kenari big size.

Apalagi setelah EO Lomba burung membuat langkah yang tepat dan bijaksana, seperti yang dilakukan Ebod Jaya dalam setiap gelaran lomba Ronggolawe-nya. Dengan membuat kelas berdasarkan postur tubuh, sangatlah bijaksana, untuk memisahkan dua jenis kenari yang berbeda ukuran postur tubuhnya itu. “Kami kini semakin bersemangat dengan dipisahkanya antara kenari kecil dengan kenari besar, karena kalau disatukan kenari kecil hanya dijadikan pelengkap saja, walaupun sebetulnya kenari kecilpun punya keunggulan dibanding kenari besar, yaitu suara yang lebih keras, dan durasi kerja yang lebih baik, dibanding kenari big size,“ cetus Umo Sumedang, salah seorang penggemar kenari kecil. “Sekarang kenari kecil tidak jadi bulan-bulanan lagi, setelah dibedakan kelasnya,“ tambahnya. Dengan dibukanya kelas berdasarkan ukuran postur tubuh, untuk jenis kenari, kini para peternak kenari kecil semakin bersemangat untuk menekuni ternak kenarinya.

ebod-jossPermintaan dari para penggemar kenari kecil pun semakain banyak. “Saya optimis dengan masa depan kenari kecil. Disamping lebih mudah dalam perawatan, harganyapun terjangkau oleh kenari mania akar rumput dan pemula, “ tuturnya. Dengan semakin maraknya gelaran lomba burung baik yang berskala latber, regional maupun nasional, harus diiringi pula langkah yang inovativ dari EO lomba, agar semua penggemar terakomodir keinginanya, tanpa melupakan sisi kelestarian burung-burung dialamnya. Menggalakkan penangkaran adalah salah satu solusinya. (Andre Mc Seagal) – Kontributor Tabloid Ronggolawe – Sumber diambil dari Tabloid Ronggolawe Edisi 15 | Minggu II – Februari 2014

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!