Panduan Bedakan Tledekan Jantan Dan Betina


burung-tledekanSecara umum Tledekan Jantan memiliki banyak variasi irama dan lagu, volume suara keras dan tajam. Sedangkan betina memiliki irama yang monoton dan volume yang lemah.

Agar tidak salah dalam memilih jenis kelamin Tledekan, tidaklah salah kalau kita perlu mengetahui perbedaan fisik antara Tledekan jantan dan betina.

Tledekan-Anak-RonggolaweBila kita memilih bakalan Tledekan anak berusia 1 bulannan. Perhatikan warna bulu pada tepi sayap, tepi ekor dan juga ujung ekor cenderung berwarna hitam pekat kebiru – biruan.

Sedangkan warna bulu pada anakan Tledekan betina pada tepi sayap, tepi ekor dan ujung ekornya cenderung berwarna coklat suram.

 

Sedangkan pada bakalan hasil tangkapan hutan yang sudah dewasa, akan kentara sekali perbedaan warna bulunya.

Tledekan-Remaja-RonggolaweJantan muda hutan (remaja) akan terlihat warna biru langit mulai tumbuh di sebagian bulunya.

Sedangkan untuk jantan dewasa warna bulunya mulai dari kepala atas, punggung hingga ujung ekor berwarna biru langit dan warna dari pangkal paruh hingga anus berwarna merah jingga.

Sedangkan warna bulu pada Tledekan betina dewasa, mulai dari kepala hingga ujung ekor berwarna coklat suram, dan dari pangkal paruh sampai ujung anus berwarna merah jingga pucat.

Ali Garut – Kontributor Tabloid Ronggolawe