Nah Ini Dia, Rawat Burung Gereja Untuk Jadi Burung Master


Burung-GerejaBurung gereja (Passer Montanus) belakangan ini banyak dicari kicau mania untuk memaster burung – burung lomba seperti anis merah, muray batu, cucak jenggot, cucak ijo, love bird, dll. Burung ini hidupnya suka berkelompok dan mudah didapat disekitar kita, walaupun kita bisa dengan mudah mendapatkan burung ini baik dengan cara menangkap sendiri atau membeli dipasar burung, tetapi tidak mudah untuk membuat burung ini menjadi jinak dan rajin berbunyi dengan crecetannya.

Makanya banyak kicau mania yang sengaja memelihara burung ini dari usia anak, dengan maksud supaya sesudah besarnya menjadi jinak dan rajin berbunyi. Cara Merawat Burung Gereja Dewasa Hasil Tangkapan. Memelihara burung gereja hasil tangkapan bukanlah hal yang mudah, karena burung ini sering mengalami takut terhadap manusia sehingga jarang mau berbunyi. Pilihlah burung gereja jantan untuk dipelihara sebagai burung master.

vitUntuk membuat burung ini mau cepat beradaptasi dan rajin berbunyi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menempatkan burung ditempat yang tenang, berikan Ebod Vit diminumannya supaya burung cepat hilang stressnya dan juga untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya. Pakannya bisa diberi campuran pakan bijian yang dicampur dengan pur. Jangan lupa kasih EF berupa ulat hongkong 3 – 5 ekor perhari. Kalau cuaca bagus, mandikan burung dengan menggunakan sprayer dan airnya dicampur shampo JATI JAJAR, yang telah terbukti mampu membunuh kutu dan parasit yang ada di badan burung yang baru ditangkap ini, juga bisa menghaluskan bulunya. Lalu burung dijemur ditempat yang agak ramai supaya bisa cepat beradaptasi dengan kehadiran manusia didekatnya. Setelah burung kelihatan tidak terlalu liar dan sudah mau makan dengan normal, berikan EBOD – JOSS untuk membantu mempercepat burung menjadi gacor lagi.


Burung-Gereja-ronggolaweCara Merawat Anakan Burung Gereja. Akan lebih baik kalau kita memelihara burung gereja dari semenjak anakan yang masih diloloh, karena nantinya akan lebih jinak di banding dengan hasil tangkapan dewasa. Walaupun meloloh sendiri anakan burung gereja termasuk gampang – gampang susah. Bahan lolohan bisa kita buat sendiri dengan mencampur pur Ronggolawe yang sudah dihaluskan, kroto atau kuning telur rebus dan air matang. Semua bahan dicampur hingga rata tetapi harus agak kental lalu campurkan beberapa tetes Ebod Vit ke dalam adonan tersebut, supaya anakan tumbuh cepat dan sehat. Selama masa loloh anakan gereja bias di berikan EF berupa jangkrik kecil yang sudah di buang bagian kepala dan kaki-kaki nya. Jika burung sudah bisa makan sendiri, pakan di campur bijian milet, canary seed, jawawut, dan beras merah. ( akan lebih baik bila diberikan pakan Ebod Canary, karena selain bahan – bahan nya hasil pilihan. Juga sudah mengandung berbagai unsur nutrisi dan juga vitamin). Akan lebih baik jika kita memlihara beberapa ekor burung gereja jantan, sehingga ketika disandingkan bisa mengeluarkan suara kicauan gereja tarung. Ali Garut – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!