Murai Batu Mabung Jauhkan Dari Suara Ngalun


Kecerdasan Burung Murai Batu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengemar murai batu, dengan melewati masa mabungnya setahun sekali berarti murai batu siap melepas istirahat untuk mabung, dimana rawannya pergantian isian ( lagu ) bisa dari sudah bawaan lagunya memang sudah bagus. Tapi habis mabung bisa hilang isian ( lagu ) nya.

Hindari murai batu dari suara lagu ngalun. Memang secara teori tidak memperngaruhi kinerja dilomba akan tetapi ketika didengar juri suara ngalun murai batu memang menjadi penilaian juri untuk menambahkan nilai dalam irama lagunya. Harus bagaimana supaya tidak ngalun ?

Penempatan burung harus steril dari burung masteran yang beriramakan ngalun, Jauhkan murai batu dari suara isian yang ngalun seperti hal nya : Suara Tokek, merpati, Tekukur, Kutilang, dan burung burung berkarakter ngalun bunyinya, hal ini akan bisa merubah suara murai batu ketika sudah habis mabungnya. Selamat mencoba ketika mabung murai batu kicaumania yang mabung dan tukar pendapat di edisi pemasteran burung. *Mas Anang