Merawat Burung Murai Batu (Copsychus Malabaricus)


Kesuksesan Black Horse ternyata tak lepas dari perawatan yang baik dan Vitamin yang tepat

Kandang Bersih  EF  Segar

Merawat si Ekor Panjang, memang sama seperti merawat  burung ocehan lainnya, memandikan setiap hari, menjemur yang cukup dan pemberian Extra Fooding  (Jangkrik, Kroto) yang  tepat. Biasanya untuk merawat murai batu  yang punya body panjang dan besar, pemberian pakan tambahannya juga agak berbeda, misalnya  jangkrik yang diperlukan cukup banyak tak lupa si Kroto(Telur Semut Rangrang) harus ada setiap hari. Khusus pemberian kroto, diusahakan yang telurnya saja ini lebih aman dan lebih memudahkan burung untuk memakan dan mencernanya.


Karena burung murai ini, termasuk burung yang aktif, tenaga extra diperlukan bangeut untuk aktivitasnya masuk akal kalau vitamin pendongkrak daya tahan tubuh diberikan. Harus diingat vitamin ini, ada yang dosis tinggi sampai burung ketagihan dan kalau berlebih bisa merusak sistem sarafnya yang akhirnya bisa matuk sayap, matuk ekor dan matuk bulu dibadan, kalau sudah begini repot dan kasian sama burungnya. Biasanya ini terjadi pada burung lomba.

Vitamin  yang aman yang mampu mendongkrak stamina dan tak ada efek samping, boleh dicoba produk Ebod jaya ( Ebod Vit, Ebod Joss) hanya dengan 2 tetes perhari kondisi burung akan selalu prima. Penyakit klasik yang menimpa burung murai tak lain cacingan dan kena kutu. Hajar dengan obat cacing khusus burung  harus diberikan, biasannya 3 bulan sekali dengan dosis tepat. Untuk membantai kutu kini ada cara aman dengan Jatijajar. Setiap mandi bisa memakai Jatijajar, bisa dicampur dibak mandinya atau disemprot dengan air yang sudah tercampur dengan Jatijajar.  Memandikan secara rutin 2 kali sehari dengan Jatijajar biasanya kutu hilang dan burung terlihat sehat, bulupun mengkilat.

Kutu ataun serangga lainnya yang menganggu burung tak hanya menempel dibulu saja, bangkringan, jeruji sangkar dan ukiran pada sangkar biasa jadi persembunyian kutu atau parasit penggangu. Pencegahannya bisa memakai Jatijajar.3 tutup botol jatijajar bisa untuk 1 Liter air. Semprotkan pada seluruh bagian sangkar, ini boleh dilakukan seminggu 3 kali agar kuman, bakteri dan parasit juga kutu musnah total, dengan begitu burung anda akan terlihat bugar, sehat dan rajin bunyi. Selamat mencoba(Yanyan)

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!