Mengenal, Memelihara Dan Beternak Burung Kenari (Serinus Canarius)


Sejarah Perkembangan Burung Kenari:

Sejenis burung berkicau yang telah dikenal orang sejak abad ke-15.Orang sering mengira bahwa burung yang mempunyai  beraneka ragam warna bulu, bentuk/ukuran badan dan suaranya itu masih banyak berkeliaran di hutan2.Perkiraan kebanyakan orang ini meleset karena pada jaman sekarang  orang akan susah untuk mendapatkannya,bahkan boleh dikatakan tidak akan di jumpai lagi karena sudah punah.

Pada awal abad ke-19 saja sudah amat susah untuk menemukan burung2 kenari liar tersebut. Burung yang semula habitat aslinya berada di kepulauan kenari / Canary Islands yang berada di samudera Atlantik  menyusur pantai barat Afrika utara/lebih tepatnya barat daya selat Gibraltar. Tahun 1478 lembaran sejarah dunia perburungan kenari di mulai,sejak tahun tersebut kepulauan Canary di kuasai oleh bangsa Spanyol. Maka di bawalah burung2 bersuara indah ini ke negerinya.Dalam jangka waktu yang singkat saja, burung ini telah banyak merebut hati penggemarnya.Maka dengan bertambahnya waktu kepopulerannya makin naik,dan tidak selang berapa lama burung ini diresmikan menjadi biduan kesayangan di istana.


Awal abad ke-16 kepopulerannya sudah mulai menjalar keluar Spanyol, ternyata orang2 Inggris,Perancis dan Itali pun menggemarinya dan di Exsportlah burung2 Ini secara besar2an .Tetapi yang di Ekspor  hanyalah burung2 jantan, karena  apabila  dengan betinanya  di khawatirkan akan diternak oleh bangsa laindan menyaingi hasil ternakan spanyol sendiri.Jadi semenjak populer, pemerintah sepanyol benar2  mengadakan politik monopoli dengan cara mengawasi secara ketat  supaya burung2 betina tidak keluar dari Sepanyol.Waktu itu hasil Exsport dari burung2 penyanyi ini tidak sedikit nilainya bagi negara Sepanyol .

Sejalan dengan perkembangan ekonomi yang berpusat di laut tengah, maka dalam waktu yang singkat burung2 Kenari sudah menjadi barang dagangan yang mahal harganya Di kepulauan kenari burung2 ini hampir tersebar di semua pulau yang meliputi pulau2 :

Gran canaria,Teneriffa,Palma, Gomera dan Ferro.
Karena perdagangan burung kenari yang berpusat di laut tengah makin ramai, dengan sendirinya harganyapun meningkat. Segala upaya untuk mendapatkan hasil sebanyak mungkin dilakukan, baik di jaring / di pikat satu persatu. Pencarian di pulau2 lain yang berdekatan, dengan harapan untuk mendapatkan jenis2 dan warna lain, gencar pula dilakukan orang2. Ternyata burung2  yang sejenis diketemukan juga di pulau Madeira yang letaknya sebelah utara tidak jauh dari kepulauan Kenari. Jauh sebelah utara lagi, yaitu di kepulauan Azores, diketemukan lagi beberapa jenis yang warna bulunya satu sama yang lain agak berbeda2. Maka oleh pelaut2 inggris burung2 ini di bawa ke negerinya dan Eropah daratan.

Setelah Berlangsung kurang lebih satu abad dalam penyebarannya, secara tidak sengaja orang2 Itali menemukan kelompok2 burung Kenari di pulau Elba. Setelah diselidiki secara seksama, ternyata burung2 ini tergolong ras Serinus Canarius dari kepulauan Kenari.

Adapun tentang asal muasal burung2  tersebut : Dahulu pernah terjadi kecelakaan kapal dagang karena terdampar dekat pulau itu. Salah satu muatan kapal tersebut  adalah barang dagangan berupa burung2 kenari dalam jumlah banyak. Dengan terpaksa burung2 tsbt di lepaskan dan di antaranya banyak yang mencapai pulau Elba tsbt. Setelah menyesuaikan diri dengan iklim dan keadaan setempat, maka berkembang biaklah di tempat2 yang tidak jauh dari pantai pulau Elba tsbt.

Oleh orang2 Itali  burung2 ini ditangkapi, selain di ternakkan dan di perdagangkan di negerinya, di eksport ke Tyrol, Jerman selatan dan tengah. Kemudian berkembanglah peternak2 burung Kenari di kota2 Jerman dengan pesat. Harz dan St. Andreasberg adalah tempat2 yang terkuno dalam hal menernakkan burung kenari. Di tempat2 ini selain warna bulu di perbanyak dengan cara persilangan dan pemberian makanan yang mengandung penguat warna, suaranya juga di perindah sehingga di mana burung2 ini berkicau mampuh menempuh nada2 yang rendah ,kalau di ibaratkan harus seindah gemericik buih2 air di sungai Donau. Adapun perawakan/ bentuk badannya di biarkan dalam bentuk yang asli.

Hasil ternakan yang tinggi kualitasnya itu, terutama dalam hal suara,dengan cepat menyebar ke negara2 lain, yang di kenal dengan nama : Tyroler, Neurenberger, Saksisch dan Harzers kenari.

Berpuluh2 tahun kedua kota ini memegang peranan penting dalam menghasilkan kenari2 yg indah. Tetapi belakangan, setelah munculnya  beberapa tempat perternakan secara besar2an seperti di Berlin, Dresden, Hanover, dan kota lainnya, ke dua tempat  perternakan yg kuno tadi mendapat saingan yg berat sehingga mendapatkan kesulitan dalam meng Exsport burung2 hasil ternakannya. Karena itu berdampak pada kwalitas maupun kwantitas, mengenai kenari Harzer asli ini makin lama makin merosot. Bahkan akhirnya, karena para wisatawan yg mendatangi kota Harz setiap tahun di musim panas selalu meningkat, maka ruangan2 kuno yg dulunya di pakai untuk berternak kenari sekarang disewakan kepada wisatawan itu dengan hasil yg lebih menguntungkan di banding di pakai untuk berternak kenari.

Burung2 kenari Jerman ini sangat di gemari di luar negeri, asalkan saja bernana Harzer, sudah pasti harganya tinggi, kebanyakan burung2 ini di Exsport ke Amerika Utara.

Tidak hanya di Jerman,tetapi di Sepanyol,Portugal, bahkan di Perancis peternakan kenari ini maju dengan pesatnya. Tetapi sayang hasil ternak mereka selalu mendapat saingan kenari2 liar hasil tangkapan di hutan2. Pembeli lebih menyukai kenari2 liar dari pada kenari ternak karena selain harganya lebih murah juga masih asli

Maka para peternak selalu berusaha untuk mengatasi saingan itu. Mereka memburu kenari2 liar dan di tangkapnya sebanyak mungkin; kadang2 mereka memasak hasil buruannya untuk kemudian di makannya. Tidak diketahui bagaimana caranya pemburu yg merangkap sebagai peternak itu membikin Provokasi, sehingga dalam waktu yg singkat saja burung2 kenari liar sudah umum di makan orang, dan menjadi lambang kemewahan dalam pesta2.

Dampaknya kenari2 liar ini cepat menjadi musnah,bahkan pertengahan abad ke-19 saja sudah sangat sukar diketemukan.

Setelah sekian lama ras Serinus Canarius di anggap musnah, jauh di sebelah selatan kepulauan Kenari,yaitu di pulau St.Helena,diketemukan sejenis burung kenari yg dikenal dengan sint Helena Finch (Fringilla Flaviventris).Pedagang2 inggris dan juga penggemar2 kenari menganggap bahwa burung ini merupakan nenek moyangnya kenari peliharaan.

Sejarah dunia perkembangan burung kenari yg hanya dicatat pada ingatan beberapa orang penggemarnya, dengan berjalannya waktu akhirnya tertimbun oleh kesibukan ekonomi, kemajuan2 teknologi yg mengagumkan dan pergolakan politik yg menghancurkan. Lambat laun mereka yg berkepentingan sadar juga bahwa yg dibiarkan hilang itu sangat penting artinya. Maka tampilan beberapa Ornitolog (Pakar di bidang Burung) untuk memulai menggali dan menghubung2kan hasil penemuannya.

Sint Helena Finch muncul di tengah kesibukan pencari jejak yg hilang, maka dengan sendirinya tidak heran apabila beberapa orang Ornitolog membenarkan bahwa burung ini sebagai nenek moyang kenari peliharaan.

Dan hal ini menimbulkan  persoalan yg berjalan lama antara yg pro dan kontra. Ttetapi hal ini akhirnya bisa terpecahkan  dengan penyesuaian paham setelah peneliti Bolle pada akhir bulan Maret 1856 di kepulauan kenari yaitu pada sebuah kebun yg tidak terawat  dari Villa Drotava menemukan beberapa ekor kenari liar pada sebuah pohon. Penemuan ini di kuatkan kebenarannya oleh Dr Karl Russ seorang sarjana kenamaan yg banyak mengetahui tentang burung kenari dan  Dr breem sarjana yg terkenal juga.

Penggemar2 kenari di inggris lain halnya dengan penggemar kenari di jerman.

maxresdefaultBurung Kenari (Serinus Canarius)

Orang2 inggris lebih memperhatikan warna2 bulu dan bentuk perawakan dari pada suara. Mungkin karena persilangan antara Serinus Canarius dari kepulauan Kenari dengan semacam kenari  dari pulau Madeira dan Kepulauan Azores, maka di dapatkan keturunan yg agak lain perawakannya. Dengan pembiakan yg tekun dan sangat teliti, maka di hasilkanlah burung2 kenari yg berperawakan hampir 2 kali lipat besarnya dari perawakan nenek moyangnya di tambah kaki yg kekar dan kuat.

Begitu tekunnya mereka menyilangkan burung2 kesayangannya, maka terciptalah ras2 burung kenari peliharaan sprti : Norwich, Yorkshire, Lizard, Lancashire, Glasgow Don, Border Fancy, London Fancy, Scotch Fancy dll. Dengan sendirinya selain bentuk perawakan yg membedakan antara ras satu dgn yg lainnya, maka warna2 bulupun memegang peranan penting.

Sebagaimana halnya dengan Jerman dan Inggris,peternakan kenari di negeri Belanda pun maju  pula dengan pesat.Mereka banyak mengimpor burung burung Harzer dari Jerman dan burung burung silangan Inggris.Disini  kedua bangsa burung itu diketemukan dengan Serinus Canarius yang sudah lama diternakan turun temurun dan sudah lama mendapat perubahan.Sebagai hasil peternakan yang cermat maka lahirlah ras kenari Belanda seperti kenari kenari Farissian Frill, Robaix Frill,Brusels,Brabants,Belgisch/ Belgian Fancy dan lain sebagainya,dengan ciri ciri yang khas seperti perawakan lebih besar daripada Harzer,badan langsing,kaki panjang dan halus,dada sangat menonjol,leher panjang dan kepala agak kecil . Keseluruhan tampaknya streamline,mengesankan dengan rupa yang indah,bahkan kadang kadang dijumpai bulu bulu yang ikal dan panjang atau punggung melengkung seperti lingkaran misalnya Bossu Belge/ Belgian fancy,  Kenari Frill dan sebagainya.

Profil Ibu Rumah Tangga Idaman Suami Yang Cetak Uang dari Ternak Kenari :

Demikianlah berabad abad peternakan kenari di negara Eropa berkembang dimana selalu di usahakan untuk mendapat keturunan yang lain ataupun lebih indah daripada generasi leluhurnya.Maka sampai sekarang terciptalah ras ras kenari peliharaan yang kadang kadang sudah sangat jauh perbedaannya dengan nenek moyangnya.Perubahan dalam corak warna sudah dianggap sebagai suatu seni .Bagi peternak kenari sarang dimana burung burung itu bertelur seakan akan kanvas bagi seorang pelukis dimana warna warna cat dituangkan.Sehingga untuk menciptakan warna warna bulu tertentu sudah ditetapkan rumusnya sedemikian rupa.

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!