Mengenal Love Bird


Burung love bird ini dulu orang mengenalnya sebagai burung hias. Burung love bird ini pun di jadikan simbol oleh sebagian besar orang sebagai symbol kerukunan berpasangan. Seiring berjalannya waktu dan persaingan burung kicau di nusantara burung ini di jadikan salah satu kontestan burung kicau setiap kali ada perlombaan burung kicau. Warna  bulu burung love bird sangat menarik karena berbagai warna ada di burung ini, sehingga terlihat indah dan menawan. Kicauan burung ini terkenal cerewet . Sangat sensitive dengan suaranya yang tinggi . Bagi para kicau mania sangatlah mudah untukmerawat burung love bird ini. Dari jenis makanannya pun sangat lah mudah di dapat, sayuran, biji bijian, dan kacang kacangan dalam jumlah yang sangat banyak , adalah di antaranya makanan love bird yang mudah di dapat. Tetapi burung ini jangan mengkonsumsi kandungan lemak yang tinggi, untuk pemberian makanan yang mengandung lemak sebaiknya di batasi, karena keterbatasan gerak burung love bird ini  sangat terbatas ketika di dalam kandang  di bandingkan dengan yang liar. Jika terlalu gemuk, Love Bird akan malas untuk gerak danmengeluarkan suara kicauannya.

Menu sayuran untuk love bird sebaiknya bervariasi, setiap hari di ganti. seperti kol, brokoli, toge, bayam, kangkung, jagung, dsb itu adalah macam macam sayuran untuk love bird. Pemberian pakan yang bervariasi dapat mempengaruhi terhadap keturunan love bird selanjutnya dan dapat meningkatkan birahi love bird. Untuk buah buahan seperti pisang dan apel di ganti seminggu sekali. Tetapi harus di pastikan ketika memberikan apel, biji nya sudah harus di buang, karena biji apel apabila termakan oleh love bird maka akan menjadi racun.  Selain itu juga harus di sediakan pasir grit atau totok cumi didalam kandang.  Yang berguna untuk membantu pencernaan dan sarana dalam pembentukan cangkang telur .

Agar mendapatka burung love bird yang baik. di antaranya harus memilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar, panjang dan terlihat koko. Selain itu pilih lah yang mempunyai kepala besar yang menandakan bahwa burung love bird mempunyai kemampuan dan mental tempur yang baik. Postur tubuh yang sedang dengan leher panjang dan kaki yang serasi serta dengan ekor nya adalah pilihan burung love bird yang baik. Lincah dan bernafsu makan yang besar. Memiliki bola mata yang besar dan bersinar indah. Apabila di jadikan burung lomba hasilnya pun akan lebih baik karena akan sangat gacor.


Agar love bird lebih bebas bergerak, pilihlan kandang yang agak besar. Bahan kandang yang terbuat dari besi dan kawat itu salah satu kandang yang bagus buat burung love bird. Selain itu, burung love bird tergolong burung yang suka mandi, maka untuk perawatan burung ini supaya di sediakan tempat tersendiri untuk memandikannya. Untuk penggantianair minum nya supaya di gantikan setiap hari agar kesehatannya tetap terjaga. Agar bulu nya tetap terpelihara maka dalam seminggu sekali mandikanlah burung love bird dengan cairan air antiseptic atau antikutu. Dan untuk penjemuran, usahakan setiap hari nya di jemur selama 2 – 3 jam saja, Dengan perawatan yang baik Burung ini akan bisa bertahan hidup selama 10 – 20 tahun. iftachul Inayah – Korespenden Ronggolawe.info 

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!