Mengenal Dan Merawat Cucak Rante, Sang Biduan Yang Berbulu Indah


BurungCucak rante ( Chloropsis cochinchinensis ) yang juga di kenal dengan nama cucak daun dan dalam bahasa inggris di sebut blue-winged leafbird, burung ini berkerabat dekat dengan burung cucak ijo (Chloropsis sonnerati) dan termasuk dalam keluarga burung Chloropseidae.

Untitled-1Walaupun keberadaannya di dunia kontes bisa di bilang tidak terlalu populer, dikarenakan belum di bukanya kelas lomba khusus untuk jenis burung ini. Akan tetapi, di kalangan kicau mania burung ini masih tetap di perhitungkan dan banyak yang menyukainya. Penyebaran Cucak rante menyebar luas mulai dari India, Tiongkok barat daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaya, Sumatra dan pulau-pulau sekitarnya, Kalimantan termasuk pula di Natuna, dan Jawa.

Adapun ciri-ciri Cucak rante adalah sebagai berikut, seluruh tubuh didominasi warna hijau terang (hijau daun), sementara pipi dan tenggorokan burung Cucak rante jantan berwarna hitam berkilau, bulu sayap dan tepi ekor berwarna kebiruan terang. Burung cucak rante jantan umumnya memiliki warna kekuningan seperti kalung di dada, tepat di bawah warna hitam. Kedua jenis kelamin memiliki sepasang strip malar biru berkilau di sisi dagunya, sedangkan cucak rante betina memiliki kepala hijau dan tenggorokan biru. Iris mata berwarna coklat, paruh hitam, dan kaki abu-abu kebiruan.


Burung ini banyak menghuni hutan primer dan sekunder di dataran rendah serta perbukitan sampai ketinggian 1.000 m di pulau Sumatra, dan sampai 1.500 m di pulau Jawa. Menyenangi tinggal di pohon-pohon besar, namun sering pula terlihat mencari makanan di semak belukar. Sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil; bahkan kadang-kadang terlihat berbaur dengan burung jenis lain. Makanan utama cucak rante adalah serangga, laba-laba, ulat dan buah-buahan lunak serta biji-bijian.

Bentuk sarang Cucak rante berbentuk cawan, tersusun dari bahan-bahan yang halus bercampur dengan sarang laba-laba. Betina bertelur antara 2-3 butir, berwarna keputih-putihan dengan bintik-bintik kehitaman. Burung ini termasuk juga ke dalam jenis burung yang pandai menirukan suara burung lain seperti : Ciblek, Prenjak, Glatik batu, kenari dan lain-lain.                                                           Cara merawat Cucak Rante agar rajin berkicau dan cepat gacor, sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan burung lain yang sejenis, seperti; cucak hijau, cucak hijau cungkwo, trucukan dan juga burung yang lainnya.

        sedikit tips dan cara merawat burung Cucak rante agar rajin berkicau

*Tahap awal diawali dengan pemilihan jenis kelamin burung, ini dikarenakan biasanya yang    Rajin berkicau adalah burung yang berkelamin jantan, adapun mengenai cara membedakan jenis kelamin burung ini sudah di jelaskan di atas.
*Bila cuaca cerah, burung dimandikan setiap pagi dengan cara di semprot menggunakan Sprayer atau bisa juga dengan memberikan cepuk untuk mandi. Bahkan kita bisa membiasakan burung untuk mandi di sangkar pemandian khusus, dan ke dalam air mandinya kita campurkan shampo merk JATI JAJAR yang telah terbukti bisa menghaluskan bulu burung juga epektif membunuh kuman serta kutu burung. Adapun dosisnya cukup 2 tutup shampo JATI JAJAR di campur ke dalam 1 liter air mandinya Bersihkan kandang atau sangkar setiap hari termasuk membuang kotoran burung, berikan voer berkwalitas merk Ronggolawe sebagai pakan utamanya.                               Berikan Extra Fooding berupa pisang kepok atau pepaya yang di olesi madu, sedangkan untuk Extra fooding hewaninya kita bisa memberikan jangkrik setiap pagi dan sore sebanyak 2-3 ekor, Ulat hongkong cukup 1 sendok teh dan diberikan 2 hari sekali, begitupun pemberian kroto bisa kita berikan 2 hari sekali sebanyak 1 sendok teh.
Berikan air minum yang sudah di masak sebelumnya, atau kita bisa memberikan air mineral.

Jika cuaca cerah, burung di jemur selama 1 jam dan durasi penjemuran bisa di tambah lebih lama jika sinar matahari kurang begitu cerah. Selesai di jemur, burung di angin-anginkan di teras dan ke dalam air minumnya kita tambahkan vitamin merk EbodVit yang mengandung berbagai kandungan vitamin yang di butuhkan burung dan juga mampu mengatasi stress, bisa merangsang burung rajin berkicau, menjaga stamina burung dan lain-lain.

Jika anda menginginkan burung cucak rante anda bisa membawakan variasi lagu dengan suara burung lain, anda bisa memasternya. Baik dengan burung master tau menggunakan media MP3.

Buatlah suasana di sekitar rumah anda terasa nyaman dan aman terhadap burung, dalam artian jangan sampai burung terganggu dengan adanya kehadiran hewan lain, seperti : Kucing, anjing, tikus dan lain-lain., maksudnya adalah supaya burung tidak merasa terganggu, karena hal tersebut akan berpengaruh pada fisik dan psikis burung burung tersebut dan otomatis secara tidak langsung akan berpengaruh pada kualitas suara dan ocehan burung.

Pada dasarnya tips perawatan seperti yang penulis sarankan, tidak mutlak harus dilakukan sama percis. Karena faktor kondisi, situasi, tingkat kesabaran dan tingkat keuletan dalam kita memberikan perhatian dan perawatan terhadap burung kita. Dan juga tingkat kegacoran seekor burung, ada pengaruhnya juga dari segi usia burung tersebut, kebanyakan dengan bertambahnya usia burung menjadi semakin dewasa maka akan semakin rajin burung tersebut berkicau dan membawakan lagu-lagu burung masterannya. Ali Kenari – Kontributor Ronggolawe.info

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!