Mengenal Cucak Hijau


Cucak-Hijau-DahsyatPada dasarnya burung cucak ijo bukanlah burung petarung, hanya saja karena tingkat birahi pada level tertentu yang akan membuat burung cucak ijo menjaga daerah nya yang menjadikannya burung tempur.

Burung cucak ijo adalah salah satu burung yang takut akan kegelapan Jadi, untuk para kicau mania yang menoleksi burung cucak ijo agar penempatan burung ini di tempatkan di tempat yang lebih terang dan terjangkau cahaya yang cukup. Karena keadaan yang gelap akan membuat burung cucak ijo menjadi stress, bulu nya rontok , panik dan nabrak ruji ruji pada kandang.

Burung cucak ijo memiliki daya ingat yang kurang, tetapi cucak ijo mampu menirukan suara suara. Burung ini juga sangat mudah jinak kepada manusia karena kemampuannya beradaptasi. Untuk mendapatkan burung cucak ijo yang baik, kita harus memperhatikan bentuk paruh nya yang berpangkal lebar, tebal, dan panjang. Di usahakan paruh nya bagian bawah harus lurus, jangan bengkok dan posisi lubang hidung nya pun sebisa mungkin dekat dengan posisi mata.


Seperti pada umumnya burung lain, pilihlah cucak ijo yang berbadan sedang dan berleher panjang dengan ekor dan kaki serasi. Mempunyai nafsu makan yang banyak, karena itu salah satu ciri dari burung bermental baik. Leher yang panjang menunjukkan bahwa burung tersebut mempunyai power suara yang besar dan maksimal. Makanan yang di butuhkan tidak jauh berbeda dengan makanan yang di berikan untuk jenis burung burung lainnya.  Voer  dengan kandungan protein 12 % – 18 % saja. Jangan pernah mematok dengan harga voer yang mahal. Belum tentu voer yang harganya mahal cocok dengan aturan makan burung cucak ijo. Pemberian buah buahan yang banyak mengandung vitamin C sangat bagus untuk burung cucak ijo karena akan menambah daya tahan tubuh cucak ijo itu sendiri. Seperti Pepaya.

Disamping itu juga mempermudah proses pencernaan, dan sangat cocok untuk system metabolisme semua burung pemakan buah lainnya.  EF(Extra Fooding ) seperti jangkrik, kroto, orong orong, ulat hongkong juga di perlukan untuk asupan makanan burung cucak ijo . Dan jangan lupa untuk pemberian Vitamin. Cucak ijo yang sering berkicau adalah burung cucak ijo ber jenis kelamin jantan. maka pilihlan cucak ijo jantan untuk di tampilkan di acara lomba. Cara pemandiannya pun mudah, mandikan burung beserta kandang nya atau sangkar nya. setiap hari. Penjemuran pun di lakukan setiap hari selama 1- 2 jam. Sediakan juga untuk makanan wajib cucak ijo, pisang kapok putih. Agar kualitas suara nya terjaga, lakukanlah pemasteran dengan menggunakan suara burung lain dengan bentuk mp3. Iftachul Inayah – Kontributor Ronggolawe.info

Suara Cucak Hijau Dahsyat milik Mr. Yayan – PS 3 Single Fighter bisa cek disini :

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!