Mengenal Burung Cucak Ijo - Ronggolawe

Mengatasi Cucak Ijo Yang Kurang Gacor


Kicau Mania bertanya, Kang Ali menjawab.. Mengatasi Cucak Ijo yang kurang gacor

Saya mempunyai burung cucak ijo yang sebelumnya suaranya “Joss habis”… Akan tetapi sekarang ini jarang sekali melantunkan suaranya, yang menjadi pertanyaan saya : kenapa bisa jadi begitu? Tolong kasih solusinya biar Cucak ijo saya bisa kembali gacor dan suaranya Joss lagi. Terimakasih (Buyong-Komsen)

Jawab :
Banyak faktor penyebab yang bisa menyebabkan burung Cucak ijo anda jadi kurang gacor, diantaranya : kondisi burung kurang fit / sakit, burung mau memasuki fase mabung, stress akibat sangkarnya terjatuh, stress akibat gangguan binatang atau mentalnya “down” akibat mendengar suara burung lain yang lebih gacor dan lain-lain. Saran saya, coba cek kondisi burungnya. Apakah di dasar sangkarnya ada tanda-tanda bulu halus yang rontok, perhatikan kondisi bulunya apakah udah kelihatan kering dan sebagian ada yang nyerit ? “kalau iya, berarti burung anda akan memasuki fase mabung,” cek kondisi kotorannya : apakah kotoran/ beraknya encer, berwarna putih, berdarah dan menunjukkan gejala berak yang tidak normal (Kalau iya, berarti kondisi burung anda sedang sakit). Cek juga latar belakangnya jikalau burung anda mengalami gejala stresss, berikut tips yang bisa kami berikan untuk memulihkan kondisi Cucak ijo anda : tempatkan burung di tempat yang tenang, berikan pengobatan dengan obat merk E-Bodre sesuai dosis di kemasannya jikalau burung anda mengalami sakit atau kurang fits, berikan Vitamin EbodVit sesuai dosis. Sedangkan untuk perawatan hariannya anda bisa terapkan sebagai berikut :
*Burung dimandikan setiap pagi dengan cara semprot pakai sprayer atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa mandinya yaitu pada sekitar jam 7-an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi hujan (karena kebetulan lagi musim hujan) dan jangan lupa apabila mandi dengan cepuk, ambil cepuk kembali apabila sudah selesai mandi. Campurkan ke dalam air mandinya shampo JATI JAJAR yang berfungsi untuk menghaluskan dan melembutkan bulu (Karena mengandung Aloevera), mencegah sekaligus membasmi kuman dan kutu (Karena mengandung Desinfektan), dengan perbandingan 2 tutup botol untuk 1 liter air mandinya.

*Jika cuaca bagus, lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam jika dan boleh lebih lama lagi jika kondisi matahari tidak begitu cerah, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras.

*Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas merk Ronggolawe karena pada makanan kemasan terebut terdapat kandungan vitamin, protein dan zat lain yang dibutuhkan oleh burung.
*Berikan Extra Fooding seperti jangkrik setiap pagi 2 – 3 ekor dan sore hari 2-3 ekor, bisa juga ditambah dengan ulat hongkong 1/2 sendok teh dan juga berikan kroto sebagai variasi. Pemberian pisang kepok atau pepaya yang sudah diolesi madu juga
Harus dilakukan.
*Lakukan pemasteran suara, baik melalui suara burung Masteran secara langsung seperti misalnya : jalak suren, jalak kebo, atau jalak yang lainnya, Ciblek, Love bird,
Kenari, Prenjak, Branjangan, Celilin dan lain-lain. Bisa juga dengan menggunakan suara burung dalam bentuk MP3 yang sudah pernah jadi jawara (bisa download di internet). 
*Yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya binatang seperti kucing,

Tikus dan kehadiran Manusia penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan burung kesayangan anda.

Adapun jika cucak ijo anda menunjukkan gejala mau memasuki masa mabung, berikut adalah tips Perawatannya :

Mabung (moulting) atau rontok bulu adalah siklus alamiah pada unggas. perawatan burung pada saat mabung yaitu menjadi hal yang amat penting, lantaran seandainya perawatan yang dilakukan salah bisa mengakibatkan burung jadi rusak. pada saat mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat nyaris 40% dari keadaan normal. oleh karena itu, burung perlu konsumsi nutrisi yang berkwalitas baik dengan porsi semakin besar dari keadaan normal. jauhi mempertemukan burung dengan burung sejenis, lantaran dapat bikin proses mabung jadi terganggu. efek dari ini yaitu ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. proses mabung juga terkait dengan hormon reproduksi.

Cara perawatan Cucak ijo mabung :

Letakkan burung di area yang sepi, jauh dari kegiatan manusia. baiknya burung semakin banyak didalam keadaan dikerodong. Mandi cukup 1x 1 minggu saja serta jemur maksimal 30 menit/hari
pemberian porsi ef diberikan semakin banyak lantaran amat dibutuhkan buat pembentukan sel-sel baru serta buat perkembangan bulu baru. contohnya : stelan jangkrik dibikin 5 ekor pagi serta 5 ekor sore, kroto 1 sendok makan tiap pagi serta ulat hongkong 10 ekor tiap-tiap pagi. Berikanlah multivitamin yang berkwalitas merk EbodVit yang dicampur di air minum 5 tetes dalam 50 cc air minumnya. Perbanyak pemberian buah pepaya, lantaran buah pepaya amat gampang dicerna hingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. disamping itu buah pepaya banyak memiliki kandungan vit C yang dapat membantu menambah daya tahan tubuh burung. Lakukan pemasteran. Karena waktu mabung membuat burung banyak pada keadaan diam serta mendengar. inilah waktu yang tepat untuk mengiisi variasi nada lagu yang cocok dengan yang kita kehendaki. Kalo mabungnya sudah beres,
kasih suplemen herbal merk EBOD-JOSS untuk mencegah burung macet bunyi dan mempercepat burung menjadi gacor kembali. Selamat mencoba tipsnya dan semoga burung anda bisa cepet pulih kembali. ronggolawe.info

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."