Membedakan Jenis Kelamin Dan Merawat Cucak Jenggot


Voer-RonggolaweAssallammualaikum, salam kicau mania. Kang Ali saya seorang pemula, saya paling suka dengan burung Cucak jenggot. Tapi saya bingung memilihnya bagaimana membedakan antara jantan dan betina, dan bagaimana cara merawatnya biar bagus. Terima kasih  (Aril-Garut)

Waalaikumsallam wr wb, burung cucak jenggot (grey-cheeked bulbul) memiliki penampilan yang baik. Eksistensi burung yang berkerabat dekat dengan burung kutilang dan cucakrawa ini di pasaran sudah cukup lama. Cucak jenggot memiliki suara yang tajam, penuh crecetan, dan banyak digunakan sebagai burung master dan juga mempunyai kelas tersendiri di ajang lomba burung berkicau. Adapun cara sexing pada burung cucak jenggot, adalah sebagai berikut :

Untitled-1Ciri-ciri Cucak Jenggot Jantan :
1. Postur tubuh  jantan cenderung lebih panjang dan lenjang,
2. Bentuk kepala tampak besar dengan bentuk paruh yang lebih panjang dan tampak kokoh,
3.Leher cenderung lebih besar dan panjang serta tampak kekar. Ketika melenggok hanya lehernya saja tidak disertai dengan  pergerakan badannya.
4. Ekor cenderung lurus satu garis dengan tengkuk dan punggung dalam berbagai posisi. Baik dalam posisi tenang maupun sedang berkicau.
5. Lingkar mata cenderung lebih besar dan tampak liar.
6. Rentang sayap keseluruhan bisa mencapai 32 – 33 cm, dngan panjang ekor mencapai 9 – 10 cm.
7. Tulang supit lebih rapat.
8. Kicauan  jantan lebih bervariasi atau  tidak monoton, sebagian besar variasi kicauannya dilantunkan dalam bentuk griwikan, akan tetapi dalam volume full kicauannya hanya sebatas besetan saja.
9. Perilaku Cucak Jenggot jantan, akan membusungkan dadanya ketika melihat atau di pertemukan dengan cucak jenggot lainnya.


Sedangkan ciri-ciri Cucak Jenggot betina :
1. Postur tubuh cenderung lebih pendek dan tampak buntat atau bulat.
2. Bentuk kepala cenderung lebih kecil dengan bentuk paruh agak pipih.
3. Lingkar mata tampak lebih kecil.
4. Bentuk leher agak pendek dan ketika  melenggok selalu disertai pergerakan tubuhnya.
5. Bentuk ekor tampak lebih pendek dan tampak melengkung mendekati tangkringan, terlebih ketika dalam posisi tenang atau tidur.                                                                                              Rentang sayap keseluruhan hanya mencapai 28 – 30 cm, dengan panjang ekor hanya 7 – 8 cm.
6. Tulang supit lebih renggang, terlebih lagi kalau cucak jenggot betina tersebut pernah bertelur.
7. Kicauan cenderung monoton, hanya saja sebagian besar variasi isiannya dilantunkan dalam  volume yang full.
8. Jika dalam usia matang, betina akan bertelur, terutama jika diberi Extra Fooding yang berlebih.

Cucak-Jenggot-RonggolaweAdapun cara perawatan Cucak jenggot yang banyak di terapkan, adalah sebagai berikut :
1. Diawali dari pemilihan jenis kelamin, namun untuk kali ini berbeda, jika untuk kebanyakan jenis burung lain yang rajin adalah burung jantan namun untuk Cucak Jenggot justru yang betina, seperti halnya Love Bird juga yang lebih rajin adalah yang betina.
2. Mandikan burung setiap pagi sekitar jam 7-8an dengan menggunakan sprayer atau di masukan kandang tempat mandi khusus, dan ke dalam air mandinya di campurkan shampo

Merk JATI JAJAR dengan perbandingan 2 tutup shampo untuk 1 liter air mandinya. Sekalian membersihkan kandang, ganti air minum dan tambah makanan

3. Jemur selama kurang lebih 1-2 jam
4. Setelah dijemur, tambahkan vitamin merk EbodVit ke dalam air minumnya
5. Sediakan makanan buah-buahan seperti pisang kepok, pepaya dan juga buah lainnya yang diolesi madu, dan tambahkan voer yang berkualitas merk Ronggolawe
6. Berikan Extra Fooding berupa jangkrik setiap pagi dan sore 3 – 5 ekor, selingi dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari sekali, dan berikan juga kroto sebanyak 1 sendok teh
7. Lakukan pemasteran suara sesuai selera dan yang sesuai untuk masteran Cucak jenggot (Contoh : suara burung Gereja tarung, jalak suren, Cililin, kenari, Ciblek dan lain-lain)
8. Sedikit tambahan, bahwa tips di sini tidak mutlak harus dilakukan secara persis karena terkadang stelan perawatan tergantung kebiasaan si burung itu sendiri. Ali Garut – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!