Kolibri, Sang Penghisap Madu Semakin Di Buru Kicaumania


Burung kolibri/burung madu (Humming bird /Sun bird) adalah merupakan jenis burung yang rata-rata memiliki ukuran badan kecil, Cerecetan burung berparuh panjang-lancip melengkung ini kerap dijadikan masteran bagi burung berkicau, terutama Murai batu. Bahkan burung ini menjadi kelas tersendiri dalam berbagai lomba burung di beberapa daerah.

Banner-Web-Iklan-Gratis-RonggolawePerlu diketahui, semua spesies burung-madu yang ada di Indonesia termasuk dalam daftar burung yang dilindungi, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Penyelamatan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Menurut penilaian pakar perburungan (Ornitolog) ada setengah dari jumlah jenis burung kolibri yang ada di asia, terdapat di Indonesia. Dengan bentuk serta postur badan dengan ukuran yang tidak jauh beda, menurut macamnya burung kolibri yang hidup di Indonesia dapat dibagi menjadi 8, yakni; jenis Kolibri Wulung/muncang (Anthreptes singalensis), Kolibri Kelapa /burung madu Sriganti (Anthreptes malacensis), Kolibri Hitam (Leptocoma calcostetha), Kolibri Jawa / Kolibri Cabe (Aethopyga mystacalis), Kolibri Gunung (Aethopyga eximia), Kolibri Tasik/ninja (Leptocoma sperata), Kolibri Sepah Raja (Aethopyga siparaja)

Kisaran harga burung kolibri berkisar antara Rp.25.000-600.000 bahkan bisa mencapai harga jutaan rupiah bila mempunyai kelebihan lain. Kolibri Ninja adalah jenis kolibri yang paling di cari untuk saat ini, lantaran suaranya yang lebih bervariasi dan pandai menirukan suara burung lain sehingga harganyapun paling mahal untuk sekelas kolibri.
Jenis-jenis Kolibri :
1.Kolibri Wulung (Anthreptes singalensis)
KOlibri-Ronggolawe-02Kebiasaan :
Hidup sendirian atau berpasangan, atau terkadang bergabung dengan jenis burung lain. Lebih menyukai pinggir hutan, tumbuhan bawah, perkebunan kelapa, dan hutan cemara, dan mencari serbuk sari untuk dimakan.


Makanan :
Tepung sari, madu buah kecil, serangga kecil, dan ulat, voer halus

Perkembangbiakan :
Jumlah telur 2 butir yang diletakkan pada sarang khas burung madu, yaitu tergantung pada vegetasi lebat. Tercatat berbiak di bulan Maret.

2.Kolibri Kelapa/Sriganti (Cinnyris jugularis)

KOlibri-Ronggolawe-06Kebiasaan :
Suka ribut. Hidup dalam kelompok kecil, berpindah-pindah dari satu pohon /  semak berbunga ke pohon / semak lainnya. Burung jantan terkadang kejar-kejaran mondar-mandir dengan galak. Senang mengunjungi pekarangan, semak pantai, dan hutan mangrove, atau mendatangi bunga loranthus, morinda, pohon pepaya, dan lain-lain.

Makanan :
Terutama memakan nektar, serangga kecil, dan laba-laba.

Perkembangbiakan :
Sarang berbentuk kantung dari rumput yang tergantung pada dahan rendah dan terjalin dengan kapas alang-alang. Jumlah telur 2 butir, berwarna keputihan berbintik abu-abu putih. Berbiak sepanjang tahun.

3.Kolibri Hitam (Leptocoma Calcostetha)
KOlibri-Ronggolawe-07Kebiasaan :
Hidup di hutan mangrove, kebun kelapa di pantai atau tegakan cemara. Terbang dengan tukikan yang keras.

Makanan :
Tepung sari, nektar, dan serangga kecil.

Perkembangbiakan :
Bersarang di rawa bakau. Jumlah telur 2 butir, berbintik cokelat yang diletakkan pada sarang berbentuk kantung dan menggantung. Berbiak pada bulan Maret, Juni dan November.

4. Kolibri Jawa / Kolibri Cabe (Aethopyga Mystacalis)
KOlibri-Ronggolawe-03Kebiasaan:
Hidup berpasangan, agak ribut. Tinggal pada tajuk atas, sering mengunjungi bunga benalu.

Makanan:
Bunga, nektar, biji, serangga, dan laba-laba.

Perkembangbiakan:
Sarang menggantung seperti burung madu lainnya. Jumlah telur 1-2 butir, berwarna cokelat berbintik putih. Biasanya berbiak dari Mei-Maret di Jawa Barat.

5.Kolibri Gunung (Aethopyga Eximia)
KOlibri-Ronggolawe-04Kebiasaan :
Terbang sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil, biasanya tidak jauh di atas kaki gunung. Senang mendatangi pohon-pohon yang sedang berbunga dan tumbuhan merambat di hutan lebat, hutan bekas tebangan, atau pinggir hutan.

Makanan :
Nektar, laba-laba, ulat, dan beberapa jenis serangga.

Perkembangbiakan :
Jumlah telur umumnya hanya 1 butir, berwarna krem berbintik cokelat, yang diletakkan pada sarang berbentuk kantung yang menggantung. Bahan sarang terbuat dari lumut dan bahan lain yang terletak cukup tinggi dari permukaan tanah. Tercatat berbiak dari Maret-Juni dan November-Desember

6. Kolibri Tasik/Ninja (Leptocoma sperata)
KOlibri-Ronggolawe-08Kebiasaan :
Lebih menyukai kawasan pinggir hutan, tempat terbuka, dan habitat pinggiran lain, termasuk perkebunan karet. Biasanya hidup sendirian atau berpasangan.

Makanan :
Biji-biji kecil, nektar, buah-buahan, serangga, laba-laba.

Perkembangbiakan :
Jumlah telur 2 butir, berwarna coklat, yang diletakkan pada sarang berbentuk kantung yang menggantung. Bahan sarang terbuat dari akar dan serat diikat pada sarang laba-laba, tidak jauh dari permukaan tanah. Berbiak dalam bulan Januari dan Maret-Mei.
8.Kolibri Sepah-Raja (Aethopyga siparaja)

Kebiasaan :
Biasanya terlihat sendirian atau berpasangan, mengunjungi pohon dadap atau pohon berbunga lain yang mirip di tepi hutan atau perkebunan.

Makanan :
Nektar bunga dan bermacam-macam serangga.

Perkembangbiakan :
Berbiak hampir sepanjang tahun. Desember-Juli dan September. Jumlah 2 butir, berwarna merah jambu berbintik-bintik, yang diletakkan di dalam sarang menggantung tidak jauh dari permukaan tanah, di tepi hutan, atau belukar sekunder.
Terdapat banyak cara atau teori dalam merawat kolibri supaya dapat rajin berkicau dan memiliki banyak variasi suaranya, berikut ini salah satu cara atau tip untuk merawat kolibri. Ali Kenari Garut – Jurnalis Tabloid Ronggolawe

Penampakan Burung Jalak Bali yang Hampir Punah :

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!