Kisah Sukses Bisnis Ternak Jangkrik Kang Deni Garut


Tak harus punya usaha besar untuk membuka lapangan kerja. Beternak jangkrik pun bisa memberikan peluang menambah penghasilan. Bahkan bisa membantu menjaga kebersihan dengan mengumpulkan limbah-limbah sayur untuk pakan jangkrik dari pasar. Itu sudah dibuktikan Kang Deni, pria yang sudah 10 tahun menekuni bisnis ini dan berhasil mendatangkan pelangan tidak hanya dari kota Garut tetapi juga memasok sampai ke Bandung guna memenuhi kebutuhan pakan jangkrik di luar kota.

Jangkrik-03Saat ditemui tim Ronggolawe.info berkunjung bersama Kang Ali Kenari di Desa Babakan, Kadungora Garut melihat di atap rumahnya yang sudah dimodifikasi menjadi tempat peternakan Jangkrik. Suara jangkrik bersahut-sahutan menyambut kedatangan kami dan memecahah kesunyian di rumah itu. Di ruang atas ada dua puluh kotak berukuran 120 sentimeter kali 90 sentimeter. Di dalam kotak yang terbuat dari triplek itulah jangkrik-jangkrik dikembangbiakkan. Ratusan jangkrik memenuhi tiap satu kotak, termasuk didalamn ruangan yang dahulunya kamar tidur hingga sampai belakang rumah itu. “Di sini ada 50 boks. Satu boks itu berisi satu ons (jangkrik). satu ons sekitar 200-an (jangkrik),” ujar Kang Deni.

Jangkrik-02Voer Ronggolawe adalah satu resep rahasia yang diungkapkan oleh beliau dalam meracik campuran pakan khusus ternak jangkrik yang akan diberikan saat telor jangkrik baru menetas sampai 10 hari, dan diberikan bersamaan dengan sawi hijau. Setelah Anakan Jangkrik sudah berusia 10 hari pemberikan pakan bisa digantikan dengan sawi putih, daun kol bahkan daun singkong. “Dalam perawatan jangkrik yang perlu diperhatikan adalah selalu mencuci ulang dari kandungan pestisida dengan bersih sayur-sayuran yang akan diberikan kepada anakan jangkrik. Diberikan penerangan yang cukup supaya getol makan, dan selalu menjauhkan dari gangguan semut serta laba-laba,” ungkap Kang Deni menutup pembicaraan dengan tim Ronggolawe sambil menikmati hangatnya kopi di sore hari. Tim Ronggolawe.info


Kunci Sukses Sangkar Burung Ebod Jaya Berkembang Sampai Saat Ini :
[youtube http://www.youtube.com/watch?v=8_YS0YQWgvo&w=640&h=360]

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!