Kenari Makin Diburu Penggemar


Logo Ronggo - CDRBurung kenari atau dalam bahasa latinnya Serinus Canarius termasuk burung yang banyak penggemarnya mulai dari anak kecil hingga dewasa. Kenari banyak disukai karena warna, suara, dan bentuk atau ukuran badannya yang banyak variasinya, dari segi perawatan burung ini juga termasuk gampang. Seiring dengan berjalannya waktu, tren memelihara kenari mulai bergeser, dari dulunya hanya berkutat di masalah warna dan suara, sekarang di negara kita sudah ada trend baru yang menitik beratkan bentuk badan atau ukuran besar kecilnya, terutama kenari-kenari seri F hasil silangan dari kenari Yorkshire dengan kenari body kecil.

Logo Ronggo - CDR 1Dari hasil perbincangan Tabloid Ronggolawe dengan beberapa kenari mania, pedagang dan juga peternak, mereka rata-rata mengakui bahwa kenari body besar memang lagi banyak peminatnya, tetapi karena harganya cukup mahal. Para pemilik kenari besar rata-rata dari kalangan menengah ke atas, dari beberapa tempat Latberan yang terpantau Tabloid Ronggolawe, selalu ada saja yang membawa kenari besar walaupun jumlahnya tidak sebanyak dengan yang membawa kenari kecil.   Menurut H. Lebon salah seorang kenari mania asal Leles Garut, Kenari body besar memang memberi kepuasan tersendiri bila melihat tongkrongannya tetapi dari segi kinerja di tempat lomba bisa dibilang rata-rata kalah gacor dibanding dengan yang body kecil, dari segi perawatan juga sedikit lebih rumit dan mahal dibanding perawatan kenari body kecil.

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh para pedagang burung di PB Mawar Garut. Menurut mereka hampir tiap hari ada saja konsumen yang menanyakan kenari body besar. Tetapi karena harganya cukup mahal, para pedagang tersebut lebih memilih berjualan kenari body kecil dengan pertimbangan dari segi modal yang lebih ringan juga penjualannya cukup cepat bahkan banyak juga pesanan anakan kenari body kecil dari kota-kota besar lainnya.


Ketika ditanya tentang pendapat mengenai dipisahkannya kelas lomba kenari body kecil dan body besar, mereka berpendapat sangat setuju, alasannya penilaian dilomba sangat mencolok. Kebanyakan para juri lebih memperhatikan memberi nilai lebih pada Kenari body besar ketimbang body kecil, walaupun kinerja di lapangnya di bawah kinerja yang berbodi kecil dalam suatu lomba kelas kenari. (Ali Grt)-Sumber Tabloid Ronggolawe | Edisi 15 Minggu ke II – Februari 2014

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!