Jalak Suren Gacor Bintang Timur Juara Nasional Kapolda Jabar Cup Milik Yusuf Mabes Jakarta


Keberhasilan penghobi dalam mengorbitkan burung jawara di arena lomba patut diacungi jempol. Dengan karakter suara burung yang dimiliki, polesan kicaumania ternyata bisa menjadikan seekor jawara yang sudah manggung di arena lomba, bernilai jual tinggi hingga mencapai ratusan juta rupiah! Namun untuk memolesnya memang perlu waktu, dan dibutuhkan teknik tersendiri. Tidak hanya dari perawatan atau pemberian pakan yang rutin. Tetapi penghobi juga harus jeli dalam memilih burung masteran. Selain colibri ninja, ciblek, cucak jenggot, jenis burung lain yang dijadikan masteran yaitu jalak suren.

Bentuk tubuhnya yang sangat gagah, warna tegasnya sangat menarik. Selain itu, kombinasi warna putih dan hitam pada bulunya juga ada warna merah yang mengitari kelopak matanya membuat burung ini sangat indah dipandang. Jalak suren termasuk burung cerdas. Karena burung ini dapat menirukan suara burung lain maupun suara yang sering didengarnya. Untuk kicaumania yang biasa melombakan burung koleksinya seperti murai batu maupun kacer, seperti nya wajib memiliki jalak suren untuk koleksi masteran.

Keunggulannya, suara jalak suren cenderung kasar. Bisa juga bersiul tetapi volumenya tidak terlalu keras dibandingkan jenis jalak lainnya. Jalak suren bisa meniru suara jangkrik, belalang, cillin, jenggotan, lovebird, dan lainnya. Tapi tidak semua jalak suren mempunyai suara yang bervariasi, ini juga tergantung perawatan dari kecil. Mungkin untuk jalak suren yang variasi suaranya sudah harganya relatif lebih mahal.

Tapi apabila Anda ingin mendapatkan dengan harga yang lebih terjangkau, bisa membeli bakalan yang sekarang sudah mulai banyak di pasar burung. Karena jalak suren sudah banyak yang menangkarkan. Perawatan yang mudah jadi salah satu alasan penghobi tertarik menjadikan jalak suren sebagai masteran. Variasi buah seperti pepaya, pisang, melon dapat Anda berikan setiap hari secara bergantian. Pemberian buah sangat di perlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi jalak suren diluar pemberian pakan voor dan jangkrik. Voor diberikan setiap hari. Untuk jangkrik bisa diberikan 10 ekor pada pagi hari, dan 5 ekor (sore hari). Kemudian bisa ditambah juga pemberian ulat Hongkong sebanyak 10 ekor setiap harinya.

Jangan lupa harus memandikannya juga dan jemur secukupnya dipagi hari. Jalak suren merupakan burung yang bisa berumur panjang ketika memeliharanya di dalam sangkar. Mudah beradaptasi dengan lingkungan, harganya yang relatif stabil, dan mulai di buka kelas jalak suren dalam lomba burung. Rasanya tidak rugi untuk kita merawat burung yang satu ini dari bakalan ataupun sudah jadi.

Tak berlebihan sekiranya kami menampilkan profil Bintang Timur, milik Yusuf Mabes Jakarta yang terakhir kali bertarung di acara Kapolda Jabar Cup 24 Agustus 2014 dan berhasil naik ke podium di posisi ke 2 kelas Jalak Suren.   CLX – Kontributor Tabloid Ronggolawe

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."