H. Donny Ferdian Panen Duit Milyaran Tiap Bulan Dari Ternak Lovebird


PETERNAKAN-LOVEBIRD-LUTINO-KEDIRI-04

Samsul sebagai orang kepercayaan H. Doni Ferdian saat ini merawat Lutino jenis blorok merah, putih, violet, kuning, dan biru.

Namanya saja lovebird itu kan artinya cinta dan sayang. Jadi sebelum kenal, terlebih dulu harus bisa menarik perhatian pasangannya. Selain suaranya, warna dan keindahan bulunya sangat menentukan harga burung Lovebird tersebut. Tak heran kini Ternak burung lovebird belakangan menjadi tren di sejumlah wilayah. Selain mudah, ternyata hasilnya pun menggiurkan. Mengisi ruang waktu yang kosong dengan kegiatan merawat burung, ternyata juga membawa hikmah. Salah satunya seperti yang dijalankan beberapa tahun ini oleh H. Doni Ferdian yang memiliki 150 pasang Lutino.

Untuk jenis albino hanya terdapat dua jenis, yakni albino merah dengan albino mata hitam yang kesemuanya itu berada dalam ruangan khusus di Desa Karangdinoyo Kecamatan Kepung Kediri Jawa Timur. Dengan Pemberian pakan yang berkualitas juga akan berpengaruh terhadap keturunan Love bird seperti kangkung jagung muda, toge, sawi, kwaci karena pakan pakan tersebut bisa meningkatkan birahi Lovebird.

PETERNAKAN-LOVEBIRD-LUTINO-KEDIRI-02


Setelah melewati penjodohan dengan sistem koloni, Pasangan Lovebird dipisahkan supaya menimbulkan suasana yang romantis dan dimasukkan ke dalam masing-masing kotak glodok untuk bertelor dan mengerami, tempat glodok umumnya di buat dengan kayu, sedangkan bahan sarang terbuat dari serutan kayu dan kulit jagung yang sudah dikeringkan. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu atau dan mengumpulkannya untuk membuat sarang, sedangkan lovebird jantan menyuapi lovebird betina.

PETERNAKAN-LOVEBIRD-LUTINO-KEDIRI-01

Telur love bird yang menetas biasanya berkisar 4-6 butir. Masa mengerami Love Bird adalah selama 21 sampai 23 hari. setelah burung menetas induk jantan dan betina akan menyuapi anaknya secara bergantian. Sekitar umur 6 sampai 8 mingggu anakan mulai keluar dari sarangnya dan setelah anakan Lovebird bisa makan sendiri maka ambil anakan love bird dan pisahkan dari induknya supaya induknya bisa kembali bereproduksi kembali.

Dengan hasil yang berlimpah tersebut, tak heran anakan yang sudah dilengkapi dengan ring trah jawara saat baru berumur 1 minggu 10 hari sebagian sudah diambil oleh pemesan yang merupakan relasi dari H. Donny dan ada yang disalurkan ke Koperasi Peternak, dimana harganya tergantung warna anakannya.Tertarik Ternak Lovebird juga?

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!