Ebod Breeding Bikin Ternak Lutino Jadi Untung


Ronggolawe-Breeding-1 Lutino dan Albino burung jenis lovebird yang sekrang mulai hadir dan dapat kelas di setiap event yang dilaksanakan oleh EO, membuat permintaan di tiap breeding bertambah.

Salah satu anggota Koploba, Borie Thea, sudah hampir satu tahun membreeding burung jenis lovebird.

Awalnya breeding Borie berjumlah 22 pasang, campuran BS, Lokal dan Lutino enam pasang. Karena dulu Borie lebih suka main warna atau lebih tertarik memiliki burung dengan warna bagus bukan burung untuk tarung maka Borie memilih bereeding lutino.


Ronggolawe-Breeding-2Seiring berjalan waktu lutino makin turun dipasaran dan dulu tidak ada kelas lutino maka Borie memilih untuk mengurangi jumlah breeding lutino dari enam pasang menjadi tiga pasang saja. Turunya harga Lutino Mata Hitam menjadi 1 juta rupiah dan mata merah menjadi 1,8 juta banyak mengurungkan breeding untuk ternak lutino dan albino, tapi sekarang dengan diadakannya kelas khusus albino dan lutino maka breeding mulai genjar lagi. “melihat albino dan lutino sekarang sudah mulai bisa dikonteskan dan sudah mulai banyak peminatnya, saya berniat menambah lagi beberapa pasang lovebird jenis albino dan lutino.” Jelas Borie Thea,

ebod-breedingMari kita simak tips breeding lutino dan albino Borie. Pada dasarnya breeding burung sama saja, hasilnya juga hampir sama dengan jumlah telor burung lainnya 5 telor maksimal. Breeding milik Borie lebih ke sistem koloni dan hebatnya semua jenis lovebird, Borie campurkan dalam satu kandang koloni. Untuk anakan yang sudah berusia 3 bulan, Borie juga campurkan di kandang kuliar. Untuk anakan biasanya Borie loloh dengan Milet kenari sid dan jagung, tidak lupa juga untuk kestabilan warna anakan lovebird agar stabil dikasih Fuck Coy (sejenis sosin tapi lebih lebar). Tidak lupa breeding diusahakan memakai Ebod Breeding, agar vitaminnya terjaga dan hasilnya makin baik. Terbukti sekarang breeding Borie bertambah menjadi 38 pasang. Untuk burung lovebird yang sudah cukup umur atau yang siap lomba, Borie kasih pakan gabah Bangkok dicampur milet dan agar burung gacor biasanya borie kasih ramuan khusus resep sendiri yang di beri nama VIT-R (vitamin Ramble).

Ronggolawe-Breeding-3Hasil breeding lutino Borie lebih di jual ke luar jabar, seperti Lampung, Banten, dan Bintaro. Kenapa? Itu disebkan karena peminat lutino kurang di Jawa Barat. Selain ternak Lutino, hasil breeding Borie lovebird lokal sudah banyak yang moncer dilapang, seperti Cipularang, Chunkybar, Superjet, Toblerone. ‘’saya berharap dengan diadaknnya kelas albino dan lutino, ternak saya bertambah karena jumlah permintaan lutino dan albino juga bertambah, selain itu saya juga sangat mendukung diadakan kelas khusus albino dan lutino di Jawa Barat agar harganya bisa naik minimal stabil.’’ Jelas Borie. Meski lutino baru bisa ngekhek diusia satu tahun tapi keindahan bulunya juga bisa penghobi pertimbangkan untuk mulai memoles burung jenis albino dan lutino. Borie Thea, Koploba 081221513939./
Wulan – Jurnalis Tabloid Ronggolawe
Sumber dari Tabloid Ronggolawe Edisi 14 | Minggu I – Februari 2014

Ebod-Breeding

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!