E-Bodre Atasi Jalak Putih Mogok Makan


Yth yang terhormat pengasuh rubrik, pertanyaan saya singkat saja. Saya mempunyai burung Jalak putih yang sangat jinak dan gacor juga sangat pintar menirukan suara burung lain, tetapi pagi ini burung tersebut tidak mau berkicau dan tampak lesu, banyak berdiam diri dan tidak mau makan. Kotorannya juga terlihat encer dan berwarna putih. Tolong solusinya Kang untuk mengembalikan kondisi burung tersebut supaya normal seperti semula, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Maju terus Ebod Jaya dengan inovasi-inovasi barunya yang makin JOSS! (Eunde- Garut)

Jalak-Putih

Gambar Burung Jalak Putih

Jawab:

Jalak putih (Sturnus melanoptera)di habitat aslinya merupakan burung pemakan serangga dan buah, tetapi setelah dalam rawatan Manusia burung ini suka di kasih makan pur dengan EF berupa buah-buahan dan serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto dan lain-lain. Melihat gejala yang anda sebutkan, kemungkinan besar burung Jalak putih anda mengalami gangguan pada sistem pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi mikroorganisme yang berasal dari pakan yang basi ( Kroto yang diberikan sudah tidak segar lagi atau buah yang sudah agak busuk tapi anda telat membuangnya sehingga termakan oleh burung).


Akibat adanya infeksi tersebut, membuat burung tersebut tidak mau makan dan juga terlihat lesu

EBodreKotorannya yang berwarna putih dan encer juga menandakan burung Jalak anda terserang penyakit berak kapur (PULLORUM). Kalau tidak segera di tangangani, burung anda bisa mengalami kematian di karenakan tidak ada asupan energi yang di dapat dari pakan. Untuk mengobati  penyakit tersebut, anda bisa memberikan obat merk E-Bodre 2 tetes langsung ke mulut burung 2 x sehari (Siang dan sore) selama 3-5 hari berturut-turut, dengan pemberian obat tersebut biasanya burung akan sembuh dikarenakan E-Bodre mengandung zat pembasmi mikroorganisme yang menyerang saluran pencernaan burung. Burung di simpan di tempat yang tenang sambil di kerodong dan di beri lampu penghangat.

Berikan 5-10 tetes Ebod Vit pada 50 cc air minumnya dan di ganti setiap harinya, pemberian Ebod Vit tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan menjaga keseimbangan tubuh burung, juga untuk menjaga stamina dan  bisa meningkatkan nafsu makannya.  Berikan EF berupa buah pisang atau pepaya yang sudah matang dan segar yang sudah di olesi Madu. Berikan pula EF berupa jangkrik yang masih muda, kroto segar dan ulat hongkong muda yang masih berwarna putih. Kalau burung anda tidak mau makan juga, anda harus melolohnya dengan memberikan kroto atau jangkrik atau bisa juga di berikan kuning telur rebus yang sudah di campur madu secukupnya. Pakan di berikan 1-2 jam sekali. Ali Garut – Kontributor Tabloid Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!