yang disebut murai batu medan

Download Suara “Murai Batu Medan” Super Gacor


Apakah Murai Batu Medan benar-benar ada?

Dalam menjawab pertanyaan ini, perlu ditegaskan bahwa apa yang disebut sebagai murai batu Medan (dalam pengertian murai batu yang berhabitat asli Kota Medan) itu sebenarnya tidak ada. Mengapa? Sebab penyebutan murai medan adalah penyebutan yang salah kaprah. Tidak ada burung murai batu yang habitat aslinya kota Medan. Sedangkan murai batu yang ada di wilayah Sumatera Utara dan Aceh sendiri banyak sekali varian ditilik dari katuranggannya. Mulai dari yang ekornya panjang sampai yang pendek, ada yang melengkung ada juga yang lurus, ada yang menggumpal jadi satu dan juga ada yang berbentuk seperti gunting dsb.

Kalau kebetulan murai batu yang terkenal adalah murai batu medan, ini karena stok murai batu dari wilayah Sumatera bagian utara (hingga pantai utara wilayah NAD) sejak dulu selalu terkumpul di Medan sebelum menyebar ke wilayah-wilayah lain. Karena banyak yang memfavoritkan murai batu ekor panjang, maka pemikat murai batu pun banyak yang suka mengumpulkan murai batu ekor panjang yang kemudian di bawa ke kota Medan. Saat itulah mulai dikenal sebutan murai batu Medan dengan ekor yang rata-rata memang panjang, sekitar 22cm sampai 27/28cm. Sementara kalau ada murai batu yang panjang ekornya sampai 30cm atau bahkan 35cm atau lebih, maka itu adalah murai batu yang berasal dari Malaysia hingga kawasan pedalaman Asia Tenggara.

Murai Medan Super :

Murai medan super hanyalah istilah para penjual dan pedagang murai yang mempromosikan murai dengan postur besar dan ekor panjang sebagai murai yang bagus dan super. Padahal sebenarnya tidak begitu, kebanyakan pemain murai tidak mengandalkan murai seperti itu disaat lomba. Murai yang mereka lombakan rata-rata memiliki postur sedang saja, dan ekornya juga tidak terlalu panjang. Murai batu yang memiliki postur besar dan ekor panjang justru penampilannya cenderung tidak maksimal. Hanya lebih indah dipandang saja.

Untuk mempersingkat cerita, murai batu Medan adalah nama panggilan murai batu berdasarkan kebiasaan untuk memudahkan penyebutan murai batu ekor panjang dan lengkung. Yang panjangnya di atas 25cm sering disebut murai batu Medan super, sedangkan yang ekornya kisaran 25cm atau lebih pendek hanya disebut murai batu Medan begitu saja.

Download Mp3 Suara “Murai Batu Medan” Super Gacor – Download (5.45 MB)

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."