Ditangkap, Dipegang, Dicelupin adalah Cara Inu Merawat Branjangan Juara


BRANJANGAN-DITANGKAP-DARI-SANGKAR

Banyak orang sangat hati-hati dalam merawat branjangan.

Misalnya, saat ingin membersihkan bagian bawah sangkar, burung dipindah dulu ke sangkar lain dengan cara menempelkan dua sangkar, kemudian pintu dibuka.


Demikian pula saat mau memandikan.

Cara-cara halus, tapi juga ribet seperti itu, ternyata tidak berlaku bagi Inu, pemilik Branjangan juara Banaspati dan Brajamusti, yang memborong juara 1 dan 2 di kontes KMYK Idol Jogja, Minggu 25 Mei kemarin.

Burung-branjangan milik Inu yang tak hanya dua ekor, selain kedua jagoan juara di atas juga masih ada beberapa branjangan yang muda usia, tiap hari dimandikan.

Caranya, burung ditangkap langsung dengan tangan, kemudian dicelupkan ke air yang ada di ember atau baskom, diusap-diusap tangan, dan di lepas kembali ke sangkar untuk mengeringkan diri.

 

DICELUP-DAN-DIUSAP-USAP-DI-EMBER

Demikian pula ketika mau membersihkan bagian bawah sangkar. Burung langsung ditangkap, dan dipindah ke sangkar lain untuk beberapa saat.

Setelah selesai, burung dikembalikan dengan cara yang sama, ditangkap tangan.

Tidak takut rusak atau stress? “Ah tidak, ini soal kebiasaan saja. Branjangan kan beda dengan jenis burung pemakan serangga seperti anis, kacer, murai, cendet, atau cucak hijau misalnya. Pemakan bijian umumnya tidak masalah kita pegang-pegang. Nyatanya, burung malah tidak takut saat bunyi didekati.”

Banaspati dan Brojumusti memang tampil istimewa. Selain rajin bunyi di atas batu yang dijadikan pangkringan, juga beberapa kali diselingi bunyi sambil terbang layaknya helikopter. Tak salah bila dari sekitar 40 peserta, keduanya terpilih juara 1 dan 2.

Pada Kamis 29 Mei ini, keduanya akan kembali di turunkan di even Anniversary Mystic di Rumah Makan Indah Sari Ungaran.

INU & JAGOAN BRANJANGAN

Inu bukan hanya piawai merawat dan mengorbitkan branjangan. Jenis burung lain juga ditekuni, seperti kenari termasuk jenis yorkshire, hwamei, burung-burung impor seperti sanma, juga punya koleksi cucak jenggot jawara bernama Soimah.

Bila ingin tahu lebih dekat dengan Inu, bisa menghubunginya di PIN BB 22B521FF, HP 083869558855. Tim Ronggolawe.info

 

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!