Cucak Ijo Memang Menggiurkan


cucak ijo_3Hampir setiap hari kontes burung berkicau diadakan, dari di tengah kota sampai pelosok pelosok daerah ada tempat kontes burung berkicau. Dampaknya bermunculan penghobby penghobby baru. Berdasarkan hasil pemantauan Tabloid Ronggolawe di wilayah Bekasi dan sekitar salah satu burung yang digemari adalah burung berwarna Hijau dan bertopeng hitam yang mempunyai gaya tempur yang khas dengan kepala berjambul dan suara Indah atau disebut Cucak Ijo.

Ini terlihat di setiap gelaran latihan atau lomba yang diadakan di bilangan Bekasi dan sekitarnya, untuk kelas Cucak Ijo peserta masih di atas rata rata hampir menyaingi Love Bird degan Muray batu. Walau tiket dan hadiah yang disediakan panitia lomba hanya standard, tapi tidak mengurangi minat peserta untuk menurunkan Cucak Ijo jagoannya di gelaran tersebut. Seperti dijelaskan oleh Budi gg. Bawang sebagai pengelola tempat latber Pandu BC di pangkalan 2 Bantar Gebang Bekasi “ Di Latber atau Lomba yang diadakan Pandu BC untuk kelas Cucak Ijo masih menjadi primadona, setiap kelas cucak ijo yang dibuka selalu hampir Full gantangan” Ucapnya.

cucak ijo_1Begitu juga yang di Jabarkan oleh Mr. Jaya SF pemilik Ken Arok Juara ke 3 cucak ijo pada Liga Ronggolawe Jabodetabek “ untuk kelas Cucak Ijo pada setiap event yang diikuti di Jakarta dan bekasi sekitar hampir tidak pernah sepi peserta, ini dikarenakan perawatan untuk cucak ijo tidak terlalu sulit, seperti Ken Arok untuk rutinitas perawatan hariannya cukup sederhana Pagi hari jemur dari jam 7 sampai jam 9 pagi, setelah mandi di anginkan 15 menit terus dimandikan, setelah mandi di kasih Jangkrik 10 dan pisang kapok putih juga air minum selalu diganti dan tambah E-bod Vit menjaga agar burung selalu kondisi , setelah itu di angin angikan kembali sekitar 30 menit dan lanjut di krodong istirahat di tempat tenang sambil di masterkan. Sore harinya kembali di kasih Jangkrik 10 sambil dianginkan 30 menit dan kembali dikrodong istirahat sampai pagi sambil di master lagi. Untuk Rawatan Lomba juga tidak terlalu sulit hampir sama seperti harian hanya bedanya saat H-1 Ken Arok di beri makan jangkrik sepuasnya dan malam hari di tambah ulat hongkong 20, Hari H nya pagi sama dengan rawatan harian, Cuma saat dilapangan kembali di beri Ulat Hongkong sekitar 10 ekor sebelum digantang. Tapi mungkin untuk rawatan setiap cucak ijo tidak sama kembali lagi tergantung dengan karater masing masing burung, 1 lagi yang terpenting adalah penjemuran dan kebersihan kandang” Ujarnya.(Hilman) – Jurnalis Tabloid Ronggolawe


Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!