Cara Mengatasi & Mencegah Kutu Pada Burung Lovebird


Lovebird adalah jenis burung yang belakangan ini para kicau mania mulai menaruh perhatian yang sangat besar padanya, dia mempunyai bunyi yang khas dan cantik. Tapi selain bunyi yang unik , dia juga mempunyai bulu dengan warna dan corak yang indah. Lovebird merupakan salah satu burung yg memiliki estetika yang luar biasa, ia mempunyai warna-warna yang indah dan cerah.

Dengan seluruh keistimewaan tadi maka tidak heran jika banyak sekali yang mulai menggemari dan memelihara burung ini. Tapi sayangnya terkadang kecantikan bulu loverbird terganggu dengan keberadaan kutu yang sering hinggap di tubuhnya, lalu dapatkah kita mengetahui adanya kutu­-kutu tersebut?

cara mengatasi kutu pada burung lovebird
Mengatasi & Mencegah Kutu Pada Burung Lovebird.

Adapun pertanda lovebird yang terjangkiti kutu adalah:

  1. Burung ini akan suka sekali mencabuti bulunya sendiri.
  2. Bulu kecil burung ini akan sering rontok.
  3. Burung loverbird akan sulit untuk ngoceh.
  4. Burung akan sering terlihat lelah.

Mencegah serta membasmi kutu yang sangat mengganggu terhadap burung lovebird, lantaran selain akan mengakibatkan bulu lovebird menjadi rusak, kutu-­kutu tersebut juga akan merubah perilaku burung ini. Tentu Anda sudah penasaran ingin tahu bagaimana caranya untuk mengatasi kutu­-kutu tersebut?

Adapun cara mencegah timbulnya kutu pada burung lovebird adalah :

1. Menjaga kebersihan burung
Burung yg memiliki kutu biasanya adalah burung yang kurang higienis, maka dari itu kalau burung anda ingin terhindar dari kutu harus menjaga kebersihan burung tersebut dengan baik. Mandikan ia setiap hari, minimal satu(1) kali dalam sehari agar burung terhindar dari kutu.

2. Menjaga kebersihan kandang
Untuk mencegah kutu dari lovebird usahakan anda menjaga kebersihan kandang burung, karena kandang burung yang kotor akan berpotensi mengakibatkan burung tersebut memiliki kutu.

Mengatasi Kutu Pada Burung Lovebird

Untuk mengatasi kutu pada LB sebenarnya mudah, yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan burung dan kandangnya. Jika Anda ingin cara yang lebih efektif, Anda bia menggunakan cara berikut:

Mengatasi Kutu pada lovebird dengan air sirih.
Anda bisa menggunakan rebusan air sirih untuk membersihkan kutu pada lovebird, berikut adalah cara melakukannya:

  1. Siapkan 10 lembar daun siri lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih.
  2. Lalu setelah mendidih saring air tersebut.
  3. Tunggu air sampai benar­-benar dingin dan tidak terlalu panas untuk burung.
  4. Setelah itu Anda bisa menyemprotkan air tersebut secara merata ke tubuh burung.

Lakukan ini secara rutin setiap burung Anda mandi agar kutu-­kutu pada burung menjadi hilang.

Untuk mencegah serta mengatasi kutu pada burung lovebird anda dapat melakukannya dengan cara­-cara di atas, akan tetapi jauh lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? Jadi usahakan anda senantiasa membersihkan tubuh serta sangkar burung supaya burung lovebird Anda terhindar dari kutu.

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."