Cara Mengatasi Anis Kembang Mabung


Saya mempunyai burung anis kembang yang baru beli dari teman 2 bulan yang lalu dengan suara yang “JOSS!” dan mampu menghibur di selasela kesibukan saya. Tapi sekarang burung tersebut mulai menjatuhkan bulu sayap dan ekornya, bunyinya pun jadi mulai kurang rajin. Mohon tips perawatannya supaya proses mabung burung tersebut berjalan dengan cepat, tidak nyulam dan cepat bunyi gacor lagi. Kirakira berapa lama proses mabung pada anis kembang. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. (Andrian-Bandung)

Jawab :
Proses mabung atau ngurak merupakan proses fisiologis yang normal pada burung dan berlangsung antara 1-3 bulananan, proses mabung pasti akan di alami oleh semua jenis burung dan pada burung dewasa minimal akan mengalaminya 1 kali dalam setahun. Selama proses mabung proses metabolisme di dalam tubuh burung akan meningkat sampai 30%, sehingga kebutuhan asupan nutrisi burung harus terpenuhi secara maksimal.

Anis-Kembang-Mabung

Pada masa anis kembang mabung, sebaiknya burung di kerodong dan di tempatkan di tempat yang tenang. Untuk mempercepat proses proses rontok bulu lama, dalam hal ini bisa mencampurkan pakan anak ayam boiler ke dalam voer pakan utamanya dengan perbandingan 50 : 50. Sementara pemberian pakan ayam anak ayam Boiler tersebut di hentikan setelah bulu-bulu lamanya rontok semua. Proses penjemuran dan mandi cukup dilakukan seminggu sekali dengan durasi waktu penjemuran cukup 15 menitan lalu burung dimandikan dengan menggunakan air mandi yang sudah di campur shampo JATI JAJAR.

Anis-Kembang-Mabung-Pakai-ebod-Jaya

Takarannya: memiliki perbandingan 2 tutup botol untuk 1 liter air mandi. Kemudian burung di jemur lagi sampai bulunya kering. Berikan EbodVit untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya dengan dosis 5-10 tetes pada 50 cc air minumnya dan di berikan setiap hari, pemberian Extra fooding mutlak harus diberikan setiap hari dengan jumlah tidak terbatas sampai burung kelihatan kenyang. Sesudah proses mabung selesai, berikan suplemen EBOD-JOSS sebanyak 5 tetes pada air minumnya selama 5 hari berturut-turut dan setelah 5 hari pemberiannya di hentikan dulu dan di ulang lagi seminggu berikutnya sampai Anis kembang anda kembali gacor seperti semula.

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."