Cara Membedakan Jenis Kelamin dan Merawat Burung Mozambik (Serinus Mozambicus)


 

Burung Mozambik dalam bahasa inggris mempunyai nama “Green Singing Finch” burung bertubuh mungil ini termasuk ke dalam keluarga singing Finch dan berasal dari benua Afrika, pada di era 80- an burung ini dinegara kita dikenal dengan sebutan Kenari Afrika ditahun 1995-1997-an harga bakalan burung ini berkisar diharga 30-40 ribuan tetapi akibat dampak krisis moneter dan harga dollar yang melambung burung ini sempat menghilang dari predaran dipasar burung dinegara kita, tetapi mulai tahun 2011- an burung ini mulai di datangkan lagi oleh importir  dan mulai banyak yang memelihara lagi.

 


Membedakan Jantan dan Betina

Mozambic jantan dan betina sama-sama  bisa berkicau, hanya saja terdapat perbedaan terutama pada variasi lagunya, burung jantan punya variasi lagu yang banyak dan mirip suara kenari. Sedangkan suara betina lebih pendek-pendek suaranya dan juga kurang variatif bahkan bisa dibilang cenderung monoton dalam membawakan lagunya, apalagi pada usia muda, jantan dan betina mempunyai kemampuan berkicau yang harus sama.

Usia dewasa pada burung yang lincah dan gesit ini adalah 6 bulan lebih, pada usia ini membedakan jenis kelamin Mozambic bisa dibilang mudah, yaitu dengan cara mengamati bulu dibagian dadany, pada burung jantan tidak terdapat pola warna bintik-bintik yang menyerupai kalung pada bagian dadanya. Sedangkan pada Mozambic betina pola bintik-bintik  hitam yang menyerupai kalung ini sangat jelas, akan tetapi kita juga harus hati-hati terhadap ulah para pedagang burung yang “nakal” dikarenakan berdasarkan pengalaman penulis, ada saja pedagang yang memotong bulu yang berbentuk kalung tersebut sehingga mereka bisa menjual dengan harga jantan. Pada burung-burung muda, bisa menggunakan metode “Sexing” dengan cara mengamati tingkat kecerahan warna bulunya. Bulu pada burung jantan memiliki warna kuning cerah, sedangkan warna kuning pada bulu betina lebih terlihat kusam.

 

Cara Perawatan

Merawat burung ini bisa dibilang mudah, setelah kita mendapatkan burung bakalannya kita tinggal memeliharanya menggunakan sangkar berukuran lebar 22 cm x panjang 22 cm dan tinggi 40-50 cm. Karena berdasarkan pengalaman penulis, burung ini suka bertengger di tangkringan bagian atas, cara penjemuran tidak jauh berbeda dengan burung kenari yaitu cukup 2-3 jam dibawah pukul 11.00 WIB Pagi. Memandikan burung ini cukup dengan memberikan tempat minum yang berukuran besar dan kita berikan air mandinya yang sudah dicampur shampo JATI JAJAR yang berfungsi untuk membunuh kutu, kuman, Microorganisme yang berbahaya untuk kesehatan burung dan juga sekaligus untuh melembutkan bulu. Masalah pemberian Extra Fooding juga kita bisa memberikan sayuran, apel dan kuning telur rebus atau Egg Food pemberian vitamin merk Ebod Vit juga sangat perlu yang berguna untuk merangsang burung berkicau, memenuhi kebutuhan vitamin dan menjaga keseimbangan tubuh juga untuk menjaga stamin burung.

Untuk makanan pokoknya kita bisa memberikan pakan merk Ebod Canary yang terbuat dari biji-bijian berkualitas super, sayuran, buah-buahan yang di keringkan juga mengandung sari buah pala yang bisa menghangatkan tubuh burung juga ditambah kembang lawang yang mampu melegakan tenggorokan burung sehingga burung bisa merasa semriwing menyanyikan lag yang indah. (Ali Grt)

 

Mozambic-Jantan

Mozambic Jantan

 

Mozambic-Betina

Mozambic Betina

 

 

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!