Cara Ampuh Memaster Burung Tledekan


Kicau Mania Bertanya, Kang Ali Menjawab…

Memaster Burung Tledekan

Salam Ronggolawer’s kang!. Saya mempunyai bakalan burung Tledekan yang saya pelihara dari umur lolohan, dan sekarang sudah bisa makan sendiri . Yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara memaster burung yang baik dan burung Master apa saja yang cocok untuk mengisi suara burung Tledekan tersebut? Dan saya juga minta cara pemeliharaan burung Tledekan yang benar, karena saya baru pertama kali memelihara burung Tledekan. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.


Wahyu-Purwakarta

Jawab:

Tledekan gunungSalam Ronggolawer’s juga!,

Memaster burung di maksudkan agar burung maskot (burung yang di master) memiliki berbagai macam suara burung jenis lain. Pemilihan burung Master yang tepat sangat menentukan keberhasilan dalam memaster.
Mengingat Tledekan mempunyai ukuran tubuh kecil, maka master yang sesuai adalah jenis burung yang bertubuh kecil dan mempunyai volume suara yang hampir sama kencangnya dengan Tledekan. Maksud dari penentuan ini adalah agar di hasilkan hasil optimal. Pilih burung master yang mempunyai suara seperti tembakan, air mancur, ngerol, ngeropel, dan lain-lain. Adapun contoh burung master yang cocok untuk tledekan, diantaranya Kenari, burung gereja, murai air, citblek, prenjak, branjangan, rambatan, Love bird, kolibri, blacktroat, celilin.

Burung-Tledekan-2Untuk mempercepat proses pemasteran agar burung yang di Master (Maskot) akan lebih baik dan cepat mengingat atau merekam lagu masterannya, kalau pas di jemur burung maskot harus berada di posisi lebih tinggi di banding burung masterannya atau bisa juga di Sejajarkan asalkan sangkar burung maskot di tutup pinggirnya jangan sampai melihat burung masterannya.

Kebutuhan nutrisi burung harus terpenuhi dengan cara memberikan pakan berkwalitas voer Ronggolawe, vitamin harian EbodVit di berikan setiap hari setelah burung di jemur (Maksudnya supaya Kandungan obat tidak rusak atau berkurang khasiatnya karena terkena sinar matahari langsung). Extra fooding diberikan tiap hari dengan jumlah 2 ekor jangkrik sebelum mandi, setelah beres mandi berikan 1 sendok teh kroto segar, 2 ekor jangkrik pada pukul 13.00, dan 1 ekor jangkrik pada sore hari (sekitar pukul 15.00-16.00) bila jangkrik tidak ada, bisa di ganti dengan ulat bambu, belalang atau ulat Hongkong .

Kalau cuaca bagus, burung di jemur sekitar 15.30 menit lalu mandikan burung dengan memakai shampo JATI JAJAR, begitupun dengan sangkar dan kerodong minimal seminggu sekali harus di cuci dengan shampo JATI JAJAR untuk membunuh kutu dan kuman agar burung terjaga kesehatannya. Beres mandi, burung di jemur dan Waktu Penjemuran Tledekan di lakukan antara jam 7.00- 10.00 WIB, sedangkan lamanya penjemuran cukup 1- 2 jam saja.

Selamat berkarya semoga berhasil.

Voer-Ronggolawe

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!