7 Tips Mengatasi Kecurangan Dalam Jual Beli Lovebird


Walaupun rasanya sudah tidak asing lagi bagi anda untuk memilih lovebird indukan baik untuk breeding maupun untuk lomba tapi kalau kita merundingkan burung cantik yang satu ini sepertinya tidak akan ada habisnya.

Saat ini burung lovebird memang sedang menjadi primadona di dunia lomba burung, jika dibandingkan dengan kelas-kelas lain gantangan sangat jarang yang penuh, tidak seperti pemandangan yang dapat kita lihat di kelas lovebird, di kelas lovebird gantangan selalu full dan bukan hanya itu saja, yang menggantang burungnya juga selalu mengisi pinggiran lapangan lomba hingga penuh. Itu menunjukkan bahwa burung jenis lovebird sangat menarik hati dan banyak sekali diminati oleh para kicaumania.

Sudah pasti semakin banyaknya peminat satu jenis burung maka akan semakin banyak juga breeder yang mulai mengembang biakan jenis burung tersebut dan mulai memasarkannya baik dikirim untuk pasar burung maupun dijual di lapangan.

Fenomena seperti ini benar-benar menjadi unik karena susah bagi anda untuk memastikan mana yang terbaik diantara para breeder, tidak jarang dari para kicaumania yang ketipu dengan kalimat trah jawara tapi pada saat di uji di arena lomba tidak terlihat ada trah jawaranya. Memang menimbulkan banyak kemungkinan, mungkin memang burungnya belum mau bunyi atau memang si pembeli sudah tertipu dengan kualitas yang ditawarkan.

Maka dari itu untuk meminimalisir kecurangan dalam jual beli burung anda harus memiliki pengalaman atau keahlian dalam melihat karakter burung dan memilih burung untuk anda bawa ke arena lomba supaya anda puas dan burung tersebut bisa menjadi kebanggaan untuk anda.

Salah satu keahlian yang wajib anda miliki dalam membeli burung adalah cara memilih burung tersebut dengan baik terutama jenis lovebird, berikut beberapa cara yang bisa anda praktikkan dalam memilih lovebird untuk diturunkan ke arena lomba :

  1. Perhatikan bentuk paruh lovebird yang akan anda beli, bentuk paruh lovebird yang berpangkal lebar, tebal, besar, panjang dan terlihat kokoh adalah ciri-ciri yang diinginkan.
  2. Biasanya lovebird dengan kepala yang besar bisa mempunyai mental petarung yang handal saat di lapangan lomba. Hal ini memang masih diragukan tapi cukup banyak juga yang percaya bahwa lovebird yang berkepala besar mempunyai mental tempur yang baik.
  3. Untuk membeli lovebird yang berpenampilan baik di lapangan pilihlah lovebird yang memiliki postur badan sedang dengan leher yang panjang dan ekor serta kaki yang serasi. Tapi ada juga beberapa lovebird yang moncer di lapangan justru kebalikannya mempunyai postur tubuh dengan leher dan badan yang pendek, jadi tergantung karakternya, hanya saja postur yang ideal biasanya bisa lebih baik untuk di lapangan lomba.
  4. Pilihlah lovebird yang mempunyai dada lebar.
  5. Pilih juga lovebird yang kakinya terlihat kuat saat bertengger, karena kaki yang kuat akan menandakan burung lovebird yang anda beli sehat.
  6. Pilih lovebird dengan sayap yang rapat dan mengepit, lincah selalu bergerak serta bernafsu makan yang besar. Lovebird yang memiliki nafsu makan yang besar menandakan mentalnya baik, untuk membuat lovebird anda nafsu makanya bertambah maka berikan biji-bijian yang berkualitas.
  7. Untuk burung lomba maka pilihlah yang mempunyai mata bersinar dan bersih, burung lovebird dengan mata bersinar dan bersih biasanya akan sangat gacor.

Tujuh tips diatas dapat anda jadikan acuan dalam membeli lovebird untuk lomba, jadi anda bisa mulai mencari lovebird dari sekarang dengan beberapa kriteria yang cocok untuk di turunkan ke lapangan lomba. Semoga berhasil dan semoga burung anda dapat berprestasi di lapangan lomba.

Published by

webmaster

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."