5 Cara Mengatasi Kacer Mbagong Serta Penyebabnya


Kacer adalah burung bersuara merdu, kepintarannya menangkap dan menyuarakan lagu-lagu burung lain menghasilkan para penghobi tertarik untuk selalu merawatnya. Tampilannya saat berlaga di lapangan memang tiada duanya. Ekor buka, sayap mengembang dengan dada mengangkat sehingga terlihat sangat gagah dan menarik, tidak salah bila burung hitam putih ini dijuluki burung fighter murni. Bagi kicaumania yang senang terjun ke lomba, burung ini menjadi burung favorit sebab itu tersebut, gaya tandingnya dapat menghibur dan membuat bangga pemiliknya.

Namun beberapa kelemahan juga dimiliki burung kacer, salah satunya adalah saat tanding tiba-tiba mbagong atau nangkur atau turun ke bawah atau bunyi di bawah, itu merupakan beberapa karakter buruknya. Sebelum kicaumania mengetahui jalan keluarnya memang ini menjadi tamparan atau kartu mati bagi pemiliknya, namun seiring kemajuan, kelemahan-kelemahan tadi bisa teratasi.

5 Cara Mengatasi Kacer Mbagong Serta Penyebabnya

5 Cara Mengatasi Kacer Mbagong Serta Penyebabnya

Penyebab Burung Kacer Mbagong

Terdapat beberapa penyebab kacer mbagong, diantaranya adalah stamina tubuh sang kacer yang drop serta tidak fit. Kemudian bisa disebabkan oleh kekurangan bahkan kelebihan asal pemberian ekstra fooding yang menjelang perlombaan. Penyebab lainnya adalah sang burung mempunyai mental yg lemah dan penyebab yang terakhir adalah waktu lomba, burung kacer anda memiliki tingkat birahi yang lagi tinggi. Beberapa hal tersebut menjadi penyebab burung kacer menjadi mbagong dan tidak mau bersuara. Apa yg harus anda lakukan dalam mengatasi kacer mbagong ketika lomba? Apakah anda harus menurunkannya dan melarikan diri? Tentu saja tidak, Kami akan membagikan sedikit tips dalam mengatasi hal tersebut.


Mengatasi Burung Kacer Yang Suka Mbagong

Umumnya para pemiliknya sangat hafal akan karakter burung andalannya, beberapa burung dahsyat tetapi mempunyai kebiasaan buruk yaitu suka mbagong, mereka mengatasinya dengan membuat seperti jeratan yang membuat burung tidak mau atau takut untuk turun ke bawah.

1. Salah satunya dengan dengan mengembunkan burung kacer anda beberapa hari sebelum perlombaan. Dengan melakukan pengembunan maka hal tadi akan mendinginkan tubuh oleh kacer yg akan berdampak pada menurunnya taraf birahi dari burung kacer anda. Saat yang tepat untuk melakukan pengembunan ini adalah sekitar jam lima pagi saat matahari masih berada pada ufuk fajar. Mengatasi kacer mbagong waktu lomba selanjutnya adalah mengatur makanan yang diberikan menjelang perlombaan. Sebaiknya buat tidak memeberikan tambahan kuliner kepada kacer anda menjelang perlombaan, usahakan hanya berikan 1/2 dari makanan burung kacer yg biasa anda berikan.

2. Cara lainnya yang dipakai para kicaumania supaya burung andalannya tidak mbagong waktu bertanding adalah dengan memasukan es batu kedalam sangkarnya yang disimpan di bagian bawah, caranya es batunya dipotong-potong dengan ukuran dadu lalu dimasukkan atau ditebar di bawah sangkar. Memang cara-cara ini sampai kini masih dipakai persoalan efektif atau tidak itu hanya pemain yang menggunakan tehniknya yang tahu.

3. Cara ke-tiga agar burung anteng saat bertading alias tidak mbagong yaitu dengan cara memasang rumput-rumput buatan dibawah kandang sehingga burung takut untuk turun ke bawah, cara ini tergolong cara baru pada menyiasati burung kacer yang suka turun ke bawah. Cara ini digunakan karena burung andalanya mempunyai kendala namun bagi yg tidak mempunyai kendala mereka berlomba normal–normal saja tanpa terdapat tips atau trik nyeleneh.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Bola2 kecil

Cara Mengatasi Kacer Mbagong dengan Bola-bola Mungil

4. Cara ke-empat tak lain adalah menggunakan bola-bola mungil yg berwarna-warni. Tujuan tidak lain supaya burung tidak turun waktu ia berlaga. Ketakutan atau merasa tidak nyaman itu yg diharapkan pemakai cara ini. Cara ini benar-benar lagi ngetrend bagi pemilik burung kacer yg suka mbagong waktu lomba.

5. Tips ke-lima dalam cara mengatasi kacer mbagong pada saat lomba adalah menggunakan karet yg dipasang di bagian bawah kandang dalam bentuk persegi, tertata rapi di bawah, umumnya karet yg dipasang adalah karet yang berwarna. Kendati pembuatannya agak rumit namun para kicaumania rela melakukannya supaya burungnya bisa tampil konsisten di atas tangkringan.

Daftar jadi agen Bukalapak sekarang & dapatkan keuntungan tambahan!